Rapat Pembahasan KUA-PPAS 2023, Eksekutif Barsel Tawarkan APBD Rp1,62 Triliun Lebih

BUNTOK - Rapat lanjutan pembahasan KUA-PPAS untuk Tahun Anggaran 2023 digelar di ruang rapat Gabungan Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Senin (8/8/2022).

Rapat ini dilakukan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Barsel bersama Tim Pemerintah Kabupaten Barsel.

Menurut Ketua DPRD Barsel, HM Farid Yusran MM, rapat ini merupakan rapat lanjutan pembahasan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

"Khususnya yang pertama membahas terkait dengan struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Jadi untuk sementara ini pihak eksekutif menawarkan total APBD kita mencapai Rp1,62 triliun lebih," jelasnya. 

Tapi, lanjutnya, dewan belum menyepakati, karena nanti masih ada lanjutan sesuai dengan aturan, tahapan Banggar untuk menerima masukan dari Komisi.

"Untuk bisa memberikan masukan bagi Banggar, mereka harus rapat dengan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)," tutur Farid.

Terkait program kegiatan ini apakah sudah sesuai dengan RKPD, sambungnya, dengan arah kebijakan pembangunan daerah, kemudian hasil Musrembang masuk dan aspirasi masyarakat yang masuk lewat DPRD.

"Itu yang harus didalami mereka untuk 3 hari ke depan," imbuhnya.

Setelah itu, Banggar akan menerima dalam bentuk laporan. Setelah selesai bahan itu yang nanti akan dirapatkan dengan pihak Eksekutif, dalam hal ini Tim Pemerintah Daerah.

"Pembahasan masih panjang," ungkapnya.

Legislator Bumi Batuah ini berharap semua optimis pembahasan ini selesai, mengingat angka yang masuk itupun, seperti dana yang ditransfer dari Kementerian Keuangan masih belum ada.

"Jadi kita masih menggunakan patokan angka tahun lalu. Nanti biasanya akan keluar sekitar bulan September, atau mungkin awal Oktober akan kelihatan dananya, baru kita bahas ulang. Tapi itu hanya pembahasan sedikit, tapi pembahasan di intinya sekarang," pungkasnya.[tomi]