Penghargaan Energy & Mining Editor Society 2022, Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Raih Predikat Gold


PT PERTAMINA Patra Niaga Regional Kalimantan, melalui Integrated Terminal Banjarmasin berhasil meraih predikat Gold kategori CID/CSR Manager Performance di Ajang bergengsi Energy & Mining Editor Society (E2S) Proving League 2022. 

Penghargaan ini diberikan kepada Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan, Susanto August Satria.  

Dalam ajang E2S Proving League 2022 ini Integrated Terminal Banjarmasin mengangkat Program CSR Ekowisata Mangrove Rambai Center dan Konservasi Bekantan.

Pemaparan program di hadapan dewan juri melibatkan local hero, Amalia Rezeki dari Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia yang merupakan peraih penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

Program Ekowisata Mangrove Rambai Center dan Konservasi Bekantan dilakukan di Desa Marabahan Baru, Desa Anjir Serapat Muara, Desa Anjir Serapat Muara I, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. 

Program ini didasarkan pada hasil social mapping yang telah dilakukan, diharapkan melalui program ini dapat memberdayakan masyarakat dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat setempat. 

Selain itu, melalui program ini juga dapat berkontribusi mendukung pencapaian SDGs pada poin 1 (No Poverty), 8 ( Decent work and economic growth), 13 (Climate action) dan 15 (Life on Land).
 
Ajang penghargaan ini bertujuan salah satunya sebagai media untuk penyebaran informasi tentang pencapaian program CSR unggulan dan mengampanyekan kinerja industri dan kontribusi serta kemajuan dunia usaha Indonesia untuk menjawab isu-isu global yang terkait dengan pengelolaan lingkungan. 

Selain itu, ajang penghargaan ini juga ditujukan untuk mempersiapkan diri bagi perusahaan untuk menghadapi penilaian PROPER.

Ajang E2S Proving League pada tahun 2022 ini mengambil tema “CSR Collaborations : Building Community Resilience and Local Livelihoods Generation”. 

Kegiatan presentasi yang dilakukan oleh peserta dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 24 Juli 2022 melalui Daring-Zoom. 

Para peserta diminta untuk mempresentasikan terkait manfaat program CSR Perusahaan untuk local hero dan program CSR Perusahaan bagi manajer/CSR Terkait. E2S Proving League 2022 diikuti oleh 22 peserta peraih Emas dan kandidat Emas di Proper 2021. 

Pada acara pengumuman pemenang E2S Proving League 2022 pada Jumat (29/7/2022), pakar CSR dari Universitas Padjajaran Resny Resnawaty menyampaikan, pada ajang ini Program CSR yang ditampilkan oleh perusahaan sangat bervariatif dan memberikan dampak yang luar biasa bagi masyrakat yang berada disekitar wilayah operasional perusahaan. 

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro menyampaikan, dengan publikasi masif melalui sejumlah instrument dan peningkatan kordinasi dengan stakeholder pengambil kebijakan potensi virus positif yang telah diciptakan dan ditanamkan oleh perusahaan akan dapat menyebar dan diduplikasi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selaku Local Hero, Amalia Rezeki mengucapkan selamat kepada PT Pertamina Integrated Terminal Banjarmasin yang  telah meraih penghargaan CSR predikat Gold pada kategori CID/CSR Manager Performance. 

“Ini adalah buah perjuangan bersama yang terbangun sejak tahun 2015. Pertamina konsisten mensupport Pelestarian bekantan yang diinisiasi oleh Sahabat Bekantan Indonesia. Kami sangat merasakan dampak positif sinergisitas melalui kolaborasi dari aspek konservasi, sekarang berkembang hingga meningkatkan aspek sosial ekonomi masyarakat dengan program ekowisata bekantan - mangrove rambai center , kawasan Pulau Curiak, Kalimantan Selatan,” tutur Amalia.

“Semoga upaya bersama ini makin meluas hingga tataran global, meningkatkan perekonomian masyarakat lokal mendukung program pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” sambungnya. 

Pada kesempatan yang sama salah satu tim CSR IT Banjarmasin melalui Dody P Sihotang menyampaikan bahwa pada ajang Proving league E2S 2022 ini merupakan ajang yang bisa menjadi pembelajaran kedepannya dalam pelaksanaan program CSR di IT Banjarmasin. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan yang sudah mempercayakan IT Banjarmasin untuk dapat mewakili PT PPN Regional Kalimantan di ajang Proving League E2S 2022.

“Penghargaan yang diraih  di kategori CID/CSR Manager Performance dengan predikat Gold menjadi penyemangat bagi IT Banjarmasin untuk menjalankan program-program CSR yang berkelanjutan,” ungkap Dody saat mengikuti proses pengumuman pemenang. 

“Alhamdulillah ajang E2S ini memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan program unggulan CSR kami di IT Banjarmasin dan predikat Gold ini merupakan buah kolaborasi yang tinggi antar pihak eksternal dan antar lini fungsi perusahaan,” ujar Susanto August Satria, Area Manager Communication, Relations & CSR Kalimantan.[]