Sinergi, Kinerja Insan Media Diapresiasi Kalapas Kotabaru


KOTABARU - Peran aktif insan media dalam mendukung kerja kehumasan diapresiasi Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas IIA Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sebagai wujud terima kasih, awak media diberi piagam penghargaan tepat di momen Hari Dharma Karya Dika.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benyamin Yambise kepada masing-masing wartawan di halaman Lapas Kelas IIA Kotabaru, Senin (22/8/2022).

Yosef mengatakan, pemberian piagam penghargaan kepada insan media ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dika.

"Kami merasakan, bahwa peran insan media ini sangat penting dan kami patut memberikan piagam penghargaan kepada insan media Kabupaten Kotabaru," jelas Yosef.

Pihaknya sadar untuk menyampaikan pesan ke masyarakat terkait kegiatan Lapas Kelas IIA Kotabaru, tentu peran rekan-rekan media sangat berpengaruh.

Yosef juga sempat menceritakan, saat berjalan ke pasar dan bersama-sama Forkopimda, mereka selalu bercerita tentang Lapas Kelas IIA Kotabaru sangat berubah ke arah yang lebih baik.

Keberhasilan ini, lanjutnya, tidak terlepas dari kontribusi dari teman-teman media yang ada di Kotabaru. Secara pribadi, Ia merasakan dimana bertugas yang paling utama dicari adalah rekan-rekan media untuk digandeng.

"Karena peran media sangat penting dalam hal melalui penyampaian berita ke masyarakat di luar, bahwa Lembaga Pemasyarakatan itu tidaklah menyeramkan," tutur Yosef.

Khusus kepada warga binaan Lapas, mereka juga tahu warga binaannya selama menjalani hukuman telah mengikuti pembinaan. Mereka tinggal di dalam Lapas bukan tempat yang harus dikurung saja dan dibatasi haknya.

"Akan tetapi, justru Lapas Kelas IIA Kotabaru telah memberikan kesempatan dan hak-hak mereka dalam melakukan kegiatan sosial dan memberikan pengalaman serta yang lainnya, agar mereka keluar nanti dapat diterima di lingkungan masyarakat dan keluarganya," paparnya.

Karena itu, Lapas Kelas IIA Kotabaru memberikan piagam penghargaan kepada teman-teman media agar ke depan sinergitas, kerjasama dan kekeluargaan seperti ini dapat terus berjalan dengan baik dan terus terbangun, walaupun dirinya tak lagi menjadi Kalapas Kelas IIA Kotabaru.

"Namun ini bisa dilanjutkan oleh Kalapas-Kalapas pengganti saya seandainya nanti saya nanti pindah tugas," imbuhnya.

Ke depan Ia berharap PWI Kotabaru bisa membuat perjanjian kerja sama, sehingga Lapas Kotabaru dengan media ke depan program Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membangun Kehumasan.

"Sehingga masyarakat mengetahui apa yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), khususnya di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Kotabaru, Ahmad Nurahsin mengucapkan terima kasih kepada Lapas Kelas IIA Kotabaru yang telah memberikan piagam penghargaan kepada seluruh insan media yang ada di Kabupaten Kotabaru.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi kita para insan media dan tetap menjalin sinergitas dengan baik," pungkasnya.[zainuddin]