Dikukuhkan sebagai BAAS, Dandim Tanbu Minta Kerjasama Tangani Stunting

BATULICIN – Dilangsungkan di Rumah Singgah Desa Batulicin Irigasi, Senin (26/9/2022), Dandim 1022/Tanbu, Letkol Inf Aldin Hadi resmi menjadi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Ia resmi menjadi BAAS setelah dikukuhkan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), HM Zairullah Azhar. Turut hadir dalam pengukuhan ini Anggota DPRD, Kejari, pejabat SKPD, TP PKK, Ketua Persit dan seluruh kepala desa di wilayah Kecamatan Karang Bintang.

Dalam sambutannya, Aldin Hadi mengatakan, pengukuhan BAAS merupakan salah satu program dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dalam rangka percepatan penanganan stunting di seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia berharap kepada stakeholder agar dapat bekerjasama dalam pengentasan masalah stunting yang menjadi salah satu program nasional.

“Untuk langkah awal kami akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, agar semua program penanganan stunting yang kami laksanakan sejalan dengan visi misi Bupati Tanah Bumbu dan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat di Bumi Bersujud,” tuturnya.

Bupati Zairullah dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ni merupakan komitmen Pemkab Tanbu dalam upaya percepatan penurunan stunting agar dapat mencapai target nasional sebesar 14% pada tahun 2024.

“Sebagai wujud keseriusan, pemerintah daerah membentuk program gerakan Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) guna mendorong percepatan penurunan angka stunting di Bumi Bersujud,” terangnya.

Menurutnya, program ini tidak akan dapat berjalan baik tanpa dukungan dari seluruh pihak, baik stakeholder maupun masyarakat mampu untuk menjadi donatur dalam rangka memberikan bantuan baik berupa bantuan materi maupun bantuan asupan gizi untuk anak penderita stunting diusia 0 hingga 2 tahun.

“Saya berharap melalui bapak asuh anak stunting ini akan dapat mempercepat pencapaian target nasional penurunan angka stunting di Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga kelak anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang beriman, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri, sebagai modal dasar pembangunan di Bumi Bersujud,” pungkasnya.

Bersamaan momen ini, Bupati Zairullah juga menyerahkan bantuan makanan tambahan kepada anak balita dan ibu hamil.[joni]