Hadirkan Produk PWMP, SMKPPN Kementan Dibanjiri Pengunjung

JAKARTA - Sejumlah produk unggulan SMKPP Negeri Banjarbaru, tampil memeriahkan gelar Sarasehan Petani Millenial, Petani, Penyuluh dan P4S Tahun 2022 mendukung upaya penguatan ketahanan pangan nasional di Bumi Perkemahan Ragunan dimulai sejak Minggu (28/8/2022), selama 3 hari.

Adapun produk-produk dari SMK-PP Negeri Banjarbaru yang ditampilkan di antaranya produk hortikultura seperti bunga kol, brokoli, produk olahan seperti aneka coklat, variasi keripik pisang, berbagai macam varietas anggrek hasil kultur jaringan dll. 

Budi Santoso selaku Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru yang hadir di kesempatan itu mengatakan, “Kami selalu mendukung penuh program kegiatan yang melibatkan anak didik kami, termasuk kegiatan ini," ujarnya.

“Diharapkan dengan adanya pameran ini dapat melebarkan sayap hasil karya siswa PWMP SMKPP Negeri Banjarbaru tidak hanya di wilayah lokal, akan tetapi bisa merambah ke seluruh penjuru lewat pameran ini," pungkas Budi Santoso.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan pihaknya akan terus berkomitmen dalam menjaga ketahanan pangan, salah satunya melalui penumbuhan wirausaha muda pertanian (PWMP).

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, kegiatan ini mengusung seluruh program unggulan Kementan yang inovatif dan kolaboratif dalam menumbuhkan wirausaha muda pertanian.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran aktif petani milenial, petani dan penyuluh dalam peningkatan produksi dan daya saing produk pertanian, pengembangan ekosistem kewirausahaan pertanian, membangun jejaring petani milenial antar wilayah, serta sebagai upaya antisipasi krisis pangan,” ungkap Dedi.

Mentan dan Kabadan PPSDMP pun menyempatkan waktu untuk melihat hasil produksi dan karya dari produk Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) SMK PP Negeri Banjarbaru. 

Kegiatan ini sendiri diikuti lebih dari 500 peserta dari berbagai daerah dari Sumatera, Jawa, dan Kalimantan serta beberapa UPT BPPSDMP, Kementan. Acara ini meliputi pengenalan seluruh program unggulan Kementan yang inovatif dan kolaboratif dalam menumbuhkan wirausaha muda pertanian.[adv]