Sekda Kapuas Ikuti Evaluasi Reformasi Birokrasi bersama KemenPAN RB

SEKDA Kapuas, Drs Septedy MSi saat mengikuti rapat evaluasi reformasi birokrasi bersama KemenPAN RB secara virtual.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Drs Septedy, MSi mengikuti proses tindak lanjut evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara desk melalui virtual atau zoom oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan RB, di ruang rapat Bupati, Kantor Bupati Kapuas, 30 Agustus 2022.

Tujuan dari reformasi birokrasi tersebut sebagai wujud tata kelola pemerintahan yang baik, dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif dan melayani prima.

Dalam evaluasi tersebut Sekda Kapuas, menyampaikan materi paparan evaluasi reformasi birokrasi.

Materi tersebut diantaranya tindak lanjut hasil rekomendasi tahun sebelumnya, progres peningkatan nilai hasil antara yang telah dilakukan (keadaan before-after), progres simpulan perkembangan pencapaian area perubahan (pemenuhan dan reform) dan progres pada penyederhanaan organisasi.

"Bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas telah melakukan berbagai perbaikan atas implementasi Reformasi Birokrasi," kata Septedy, Kamis (1/9/2022) dilansir dari situs diskominfokps.

"Perbaikan terus kita lakukan dengan memperhatikan berbagai aspek seperti roadmap reformasi birokrasi dan rekomendasi perbaikan oleh Kementerian PANRB," tambahnya.

Kegiatan tersebut diisi oleh evaluator dari Kementerian PAN dan RB yang memimpin jalannya diskusi yaitu Achmad Yunus, Endy Christian Mahardika, M. Hariz Ananto, dan Fernando Silalahi.

"Dalam pelaksanaan evaluasi ini, selain memberikan pendampingan pelaksanaan reformasi birokrasi, kami juga mengharapkan dapat mendapatkan gambaran terhadap implementasi reformasi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Kapuas," ujar Achmad Yunus.

Acara itu juga di hadiri oleh Inspektur Kabupaten Kapuas, Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas, Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, dan beberapa Penjabat Tim Pokja Reformasi Birokrasi Pemkab Kapuas.

Kegiatan ini juga hadiri oleh beberapa Perangkat Daerah yang akan menjadi contoh sampel evaluasi Reformasi Biokrasi (RB) secara daring. Perangkat Daerah tersebut yakni DPPRD, Disdik, DPUPRPKP, BKPSDM, Disarpustaka, Disdukcapil, Diskes, dan Distan.[aan/adv]