Hibah, RSUD Jaraga Sasameh Dapat Generator Oksigen


BUNTOK - RSUD Jaraga Sasameh Buntok mendapatkan hibah berupa generator oksigen. Bantuan ini berasal dari kolaborasi Mutu, Kadin, GoTo, Indika Energy dan Indika Nature.

“PT Multi Tambangjaya Utama (Mutu) berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), GoTo, PT Indika Energy Tbk dan Indika Nature, memberikan bantuan generator oksigen kepada RSUD Jaraga Sasameh di Buntok,” ungkap Direktur PT Mutu, Setiyo Pamoedji, Jumat (23/9/2022).

Generator oksigen yang diberikan berjenis Containerized PSA Oxygen Generator System (Oxygen Plant) Model MNPO-25 dengan kapasitas 25 m3/jam. Mesin ini mampu memproduksi 100 tabung berukuran 6m3 per hari.

Dengan kapasitas tersebut membuat generator oksigen ini menjadi mesin penghasil oksigen terbesar di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah.

“Diharapkan mampu memenuhi kebutuhan oksigen tidak hanya bagi pasien di RSUD Jaraga Sasameh, namun juga dapat membantu melayani kebutuhan seluruh Puskesmas di Kabupaten Barito Selatan dan rumah sakit lain di wilayah DAS Barito,” kata Setiyo.

Acara penyerahan generator oksigen dilakukan di Buntok dan diterima langsung oleh Direktur RSUD Jaragah Sasameh, Dr Norman Wahyu, disaksikan Pj Bupati, Ketua DPRD, Dandim dan Kapolres.

Wahyu dalam kesempatan terpisah mengatakan, bantuan generator oksigen ini sangat penting bagi pihaknya dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Khususnya dalam mempercepat penanganan pasien Covid-19 yang memang sangat membutuhkan fasilitas oksigen,” tutur Wahyu.

Penyerahan generator ini juga dilengkapi dengan bantuan pendampingan dan pemeliharaan untuk dua tahun.[tomi]