Program 1 Desa 1 Masjid Tanbu Menuju Inovasi Nasional

BATULICIN - Rapat koordinasi (Rakor) persiapan inovasi 1 Desa 1 Masjid digelar Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Kantor Bupati, Kamis (15/7/2022).

Rakor yang dipimpin Sekda Tanbu, H Ambo Sakka ini untuk mempersiapkan proposal inovasi keikusertaan dalam ajang inovasi daerah atau tingkat nasional yang digelar oleh Kemenpan dan RB.

Program 1 Desa 1 Masjid yang diinisiasi Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar ini diyakini belum ada yang melakukan dan melaksanakannya di Indonesia.

Program ini diharapkan menjadi suatu inovasi yang betul-betul terangkum dan diketahui serta resmi masuk ke inovasi pemerintah yang dilakukan Kabupaten Tanah Bumbu oleh Kemenpan RB.

Semua yang terlibat diminta untuk membentuk atau mengolah proposal, yang nantinya proposal tersebut akan berbagi tugas di antaranya membuat ide inovatif, kontribusi capaian pembangunannya dan keberlanjutan kolaborasi serta pemangku kepentingan.

Dalam rapat tersebut juga ditekankan perlunya acuan bahwa dalam mengolah proposal harus ada ringkasan, implementasi, relevansi inovasi dan kategori yang dipilih, file pendukung yang akan dibuat seperti video yang akan dijadikan suatu dokumen dan dikirim serta disimpan dalam bentuk kebutuhan arsip.

"Bupati sangat berharap kepada para Kepala Desa dan para Camat serta instansi yang terkait agar serius pada persiapan inovasi 1 Desa 1 Masjid tersebut dan benar-benar dilaksanakan," pungkas Ambo.[joni]