Sidak ke PDAM Tirta Barito, Ini yang Diinginkan Pj Bupati Barsel


BUNTOK – Pj Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana sidak ke PDAM Tirta Barito, Buntok. Selasa 18 Oktober 2022. Lisda mengatakan sidak ini dilaksanakan mengingat saat ini pihaknya mengajukan Raperda tentang PDAM tirta barito ini.

“Pendataan awal registrasi sosial ekonomi ini dilaksanakan secara serentak mulai 15 Oktober-14 November tahun mendatang,” kata kepala BPS Barsel, Militan, Jumat 30 September 2022.

Sebelum melakukan pendataan, pihaknya melaksanakan rapat koordinasi daerah agar dalam pelaksanaan di lapangan nanti bisa berjalan lancar.

Akan ada 292 orang petugas pendataan terdiri dari PPL sebanyak 220 orang, pemeriksa atau PML 59 orang dan Koseksa atau koordinatornya sebanyak 13 orang yang akan dilatih. 

Adapun yang akan didata nantinya antara lain terkait kependudukan dan ketenagakerjaan, perlindungan sosial, perumahan, pendidikan, kesehatan, disabilitas dan pemberdayaan ekonomi.

“Tujuan dari pendataan awal Regsosek ini untuk membentuk sistem berbasis data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan,” jelas dia. 

Ia menyampaikan sasarannya seluruh penduduk atau 100 persen penduduk dan keluarga dari desa hingga perkotaan. Ia menyampaikan Regsosek ini merupakan program nasional yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia. 

“Hal ini juga berdasarkan amanat Presiden yakni reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data registrasi sosial ekonomi serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,” ucap dia.[adv]