Bersama Paman Birin, Petani Jejangkit Silaturahmi dengan Wamen Pertanian

BANJARMASIN - Pertemuan warga Jejangkit dari Kabupaten Barito Kuala dengan Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi, digelar di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin Senin (24/10/2022) malam.

Pertemuan difasilitasi langsung Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Paman Birin.

Dalam sambutannya, Wamen Harvick mengungkapkan apresiasinya kepada Paman Birin, karena dinilai sangat peduli dengan petani.

“Nampaknya Pak Gubernur ini begitu peduli dengan kesejahteraan para petani, buktinya para petani dijamu luar biasa, diajak main futsal hingga dipertemukan dengan saya. Luar biasa Gubernur Kalsel Paman Birin,” tutur Harvick.

Harvick mengungkapkan, selain untuk panen dan menanam cabai di Kabupaten Tapin pada 25 Oktober, kedatangannya ke Kalsel kali ini juga untuk menyerap aspirasi para petani di Kalsel.

“Ayo, Bapak Ibu petani sekalian, manfaatkan kesempatan kami datang kesini, jangan sampai di sia-siakan,” sebutnya.

Sebelumnya, Paman Birin mengatakan, pertandingan futsal bertajuk eksibisi atau fun futsal ini untuk senantiasa menjaga kekompakan, mempererat tali silaturahmi sekaligus menjaga kesehatan.

“Seperti biasa, semangat berolahraga terus kita gelorakan kepada semua kalangan, tak terkecuali generasi milenial, dalam hal ini para petani dan masyarakat Jejangkit. Malam ini juga lebih spesial, karena kita kedatangan Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi. Jadi selesai bermain futsal, masyarakat dan petani kita pertemukan dengan Wakil Mentan,” ucap Paman Birin.

Paman Birin juga mengungkapkan, dengan kedatangan Wakil Mentan ke Kalsel, masyarakat Jejangkit terutama para petani bisa sharing pendapat dan menyampaikan aspirasinya terkait persoalan dan kendala apa saja yang terjadi saat ini di sektor pertanian Kalsel, khususnya petani padi di Jejangkit.

“Kebetulan sekali Wakil Mentan ke Kalsel, sekalian saja kita pertemukan dengan para petani. Biar aspirasi mereka bisa di dengar langsung oleh Wakil Mentan,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel Imam Subarkah dihadapan Paman Birin dan Wakil Menteri Pertanian memberikan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Maju Desa Wonorejo, Kabupaten Tanah Bumbu.

Bantuan sosial berupa Portable Yard dan Timbangan Digital untuk mendukung program Sistem Integrasi Kelapa Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (Siska Kuintip) itu diterima oleh dr Suparmi, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel yang selanjutnya akan diserahkan ke Gapoktan Tani Maju.[adv]