Dinas PMD Kapuas Gelar Rakor Percepatan Penyaluran Dana Desa

SUASANA Rakor percepatan penyaluran DD di DPMD Kapuas.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar rapat koordinasi terkait percepatan penyaluran dana desa (DD) bagi sejumlah desa di wilayah itu, di Aula DPMD Kapuas, Senin (17/10/2022).

Rapat dipimpin Kepala DPMD Kapuas Yanmarto, diikuti sejumlah Camat dan kepala desa.

"Penyaluran dana desa itu agar bisa dilakukan tepat waktu, tujuannya agar DD dapat diserap desa dan cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Yanmarto, usai memimpin rapat.

Apalagi, lanjutnya, saat ini sedang dalam masa penanganan inflasi pasca  kenaikan BBM.

"Hari ini kita melaksanakan rapat  koordinasi percepatan penyaluran DD khususnya pada bagian tertentu dana realokasi dari program Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD," kata Yanmarto.

Ia menjelaskan, sesuai ketentuan penyaluran  untuk keperluan BLT DD sebesar minimal 40 persen dari pagu alokasi DD tersebut.

"Di Kabupaten Kapuas  terdapat 30 desa di 5 Kecamatan yang menganggarkan itu kurang dari 40 persen. Nah sisa dananya itu dikembalikan ke desa disebut sebagai dana realokasi DD," terang Yanmarto.

"Diharapkan digunakan untuk program prioritas saat ini, untuk penanganan inflasi, pengangan stunting dan program ketahanan pangan," pungkasnya.[aan/adv]