Dua Raperda Inisiatif, DPRD Tanbu Berikan Jawaban atas Pendapat Bupati

BATULICIN - Jawaban atas pendapat Bupati terhadap 2 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD diberikan DPRD Tanah Bumbu (Tanbu), di ruang utama Sidang Paripurna, Rabu (5/10/2022).

Dua Raperda tersebut, yakni Raperda tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Raperda tentang Fasilitasi Kesehatan Swasta.

Dalam Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Said Ismail Kholil Alydrus, didampingi Ketua DPRD, H Supiansyah ZA ini dihadiri langsung Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar.

Jawaban DPRD disampaikan melalui sambutan Ketua DPRD yang dibacakan Wakil Ketua Bapemperda, Dading Kalbuadi mengatakan, terkait dengan tanggapan pihak eksekutif terhadap Raperda tentang Badan Usaha Milik Desa pihak legislatif, sepakat dan memandang penting kedudukan BUMDes dalam mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, atau menyediakan jenis usaha lainnya.

Bahkan mendorong masyarakat desa agar melakukan transaksi jual beli di BUMDes masing-masing untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa di kabupaten tanah bumbu. 

Dengan demikian, Raperda tentang BUMDes ini memang selayaknya dibentuk agar ke depannya menjadi pengungkit kemandirian desa di daerah.

Sedangkan terkait Raperda pelayanan kesehatan swasta, pihak legislatif juga memandang bahwa penyelenggaraan kesehatan oleh pemerintah daerah memang selayaknya perlu didukung oleh pelayanan kesehatan swasta di Tanah Bumbu untuk meningkatkan derajat kesehatan di Tanah Bumbu, dengan melalui pengaturan yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan swasta di daerah.

Termasuk juga kepastian tarif pelayanan kesehatan dalam rangka memberikan perlindungan, penghormatan hak dan kewajiban, serta kepastian hukum bagi masyarakat dan penyelenggara pelayanan kesehatan swasta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kami pihak legislatif sekali lagi sangat berterima kasih dan meminta kerjasama yang baik untuk selanjutnya 2 buah Raperda ini dilanjutkan ke dalam agenda pembicaraan berikutnya," jelas Dading.

Ia berharap dengan kerja keras bersama dalam menjalankan amanah rakyat, mampu memberikan kontribusi nyata terhadap mutu dan kualitas pelayanan optimal kepada seluruh masyarakat, terutama bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

Hadir juga pada Paripurna ini Sekda Tanah Bumbu, Forkopimda, para pejabat instansi vertikal, kepala SKPD di lingkungan jajaran Pemkab Tanbu, pihak perbankan serta Perusda.[joni]