Rapat Paripurna, DPRD Tanbu Dengarkan Penyampaian RAPBD 2023

BATULICIN - Rapat Paripurna kembali digelar DPRD Tanah Bumbu (Tanbu), di ruang sidang utama DPRD, Senin (3/10/2022). Kali ini para legislator Bumi Bersujud mendengarkan penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2023.

Rapat ini dipimpin langsung ketua DPRD Tanbu, H Supiansyah ZA, serta didampingi kedua wakilnya Said Ismail Kholil Alydrus dan Agoes Rakhmady. Juga hadir Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar.

Bupati Zairullah dalam sambutannya menyampaikan penyusunan pengelolaan keuangan daerah saat ini tetap berorientasi pada basis kinerja, dengan pendekatan penganggaran yang mengutamakan hasil kinerja, serta dapat diukur capaian targetnya, dengan tetap mengedepankan transparansi dan akuntabilitas, yang berprinsip pada efisiensi dan efektivitas. 

Penyusunan RAPBD Tahun 2023 ini dilakukan dengan metode pendekatan yang memperhatikan visi, misi, tujuan dan sasaran yang dimuat dalam Renstra Tanah Bumbu. Dengan melihat perkembangan aspirasi masyarakat dan mempertimbangkan situasi, kondisi serta kemampuan daerah. 

“Sebagaimana arah yang diinginkan dan kebijakan umum yang disepakati, sesuai pedoman penyusunan strategi dan prioritas RAPBD Tahun Anggaran 2023, serta pola penyusunan yang disepakati bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah," ujar Zairullah.

Penyampaian nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2023 ini disampaikan, untuk selanjutnya dapat dibahas secara bersama-sama, dan ditetapkan menjadi peraturan daerah. 

Sebelum rapat tersebut ditutup, pimpinan rapat mengucapkan dengan diterimanya Raperda APBD tahun anggaran 2023 beserta penjelasannya ini selanjutnya diserahkan kepada Badan Anggaran (Banggar) untuk ditindaklanjuti.[joni]