Gratis, KSOP Kotabaru-Batulicin Serahkan 29 Sertifikat Pas Kecil kepada Pemilik Speedboat

BATULICIN - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III  Kotabaru-Batulicin memberikan 29  sertifikat Pas Kecil secara gratis kepada pemilik speedboat, di Aula Kantor KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Selasa (11/10/2022).

Sertifikat ini diserahkan langsung Kepala Kantor KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Samsuddin dan diterima 6 orang perwakilan pemilik speedboat Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Selain pemilik speedboat, juga hadir dalam penyerahan sertifikat Pas Kecil ini General Manager Pelindo lll Batulicin.

Kepala KSOP Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Samsuddin mengatakan, sertifikat Pas Kecil ini diberikan kepada pemilik kapal 7GT.

"Pemberian pas kecil ini merupakan program nasional dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Program Gerai Nasional Pas Kecil," terang Samsuddin.

Pemberian sertifikat Pas Kecil ini, lanjut Samsuddin, dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dan untuk di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, difokuskan di Pelabuhan Speed.

Menurut Samsuddin, sertifikat Pas Kecil ini bisa dijadikan jaminan hampir di semua Bank, karena ini sama seperti aset.

"Ini gratis, untuk membuat sertifikat Pas Kecil di Kantor KSOP Kotabaru-Batulicin tinggal dilengkapi dokumennya saja," jelasnya.

Kepada semua pemilik speed diharapkan bisa menyertifikatkan kapalnya. Selain menjadi kelengkapan keselamatan kapal, juga bisa menjadi keperluan lainnya.

"Mumpung gratis, karena tidak setiap tahun pemerintah mempunyai anggaran," pungkas Samsuddin.[joni]