Curah Hujan Tinggi, Tiga Desa di Halong Teredam Banjir

KONDISI banjir akibat luapan sungai di Kecamatan Halong.| foto : istimewa

PARINGIN - Memasuki musim penghujan presentasi bencana banjir jadi meningkat, salah satunya di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan ada tiga desa yang terdampak banjir yang diakibatkan oleh luapan Sungai Balangan.

Dalam bencana banjir tersebut sedikitnya ada 95 rumah dari tiga desa yakni Desa Baruh Panyambaran, Binju dan Bangkal yang terdampak luapan air sungai Balangan, Rabu (16/11/2022).

Kepala BPBD Balangan, H Rahmi menyebut bahwa curah hujan yang tinggi menjadi menjadi salah satu faktor yang memicu Sungai Balangan meluap yang merendam tiga desa di Kecamatan Halong.

"Air menggenangi pekarangan rumah warga, jalan umum  dan lantai rumah warga di Desa Baruh Panyambaran, Binju Dan Bangkal," ujarnya.

Ia menjelaskan, Desa Baruh Panyambaran yang terdampak luapan air sungai ada 48 Rumah 50 KK, 163 Jiwa, Desa Binju 20 Rumah, 20 KK, 76 Jiwa dan, Desa Bangkal 27 Rumah, 30 KK, 102 Jiwa.

"Untuk saat ini pukul 19.00 Wita debit air bertahan, untuk kedalaman air bervariasi antara 10 sampai 50 sentimeter," sebutnya.

Namun lanjutnya, apabila di guyur hujan kemungkinan debit air akan bertambah dan air sungai akan mengalami kenaikan dan meluap kembali.[martino]