Diversifikasi Tenun Pagatan, Bekal Inovasi Perajin Tanbu

Diversifikasi Tenun Pagatan, Bekal Inovasi Perajin Tanbu

BATULICIN - Pelatihan diversifikasi tenun Pagatan resmi ditutup Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu (Tanbu), Ahmad Syarwani di Aula Kantor Lurah Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Jumat (18/11/2022)

Pelatihan yang diikuti 10 perajin maupun penjahit ini digelar selama 5 hari, 14 hingga 18 November 2022. Di antara materinya, yakni manajemen pengelolaan usaha, serta sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dalam kegiatan ini, peserta juga difasilitasi untuk membuka rekening Bank Kalsel secara gratis.

Ahmad Syarwani mengatakan, pelatihan diversifikasi kain tenun ini merupakan upaya menciptakan inovasi dalam penganekaragaman produk tenun Pagatan.

Menurutnya, pelatihan digelar untuk memberikan keterampilan kepada perajin dan penjahit untuk berinovasi dalam diversifikasi produk turunan kain tenun Pagatan.

Melalui pelatihan diversifikasi ini, Pemkab Tanbu berharap peserta menjadi lebih kreatif dalam mengolah kain tenun Pagatan, sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya dalam bentuk pakaian, namun juga produk turunan lainnya.

Kabid Perindustrian DKUMP2 Tanbu, Nur Rochmah menambahkan, aneka produk yang dihasilkan dari pelatihan ini, di antaranya sajadah, cover tisu, cover air mineral, taplak meja, tutup dan alas gelas, serta produk hand made tenun lainnya.[joni]

Lebih baru Lebih lama