Menuju Porprov Kalteng 2023, 135 Pedayung Barsel Ikuti Seleksi

BUNTOK - Seleksi pedayung dilakukan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Penjaringan pedayung yang digelar mulai 9 hingga 10 November 2022 ini dipusatkan di Desa Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan.

Tak kurang 135 pedayung lokal, baik berstatus pelajar hingga anggota Karang Taruna, ambil bagian dalam seleksi ini. Mereka bersaing merebut tiket menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah yang dijadwalkan 2023 mendatang.

Ketua PODSI Barsel, Hj Yangsi Hartini, Jumat (11/11/2022) mengungkapkan, seleksi ini setidaknya untuk mencari 20 pedayung putra plus 20 pedayung putri, berusia 18 sampai 22 tahun.

"Mereka diseleksi untuk dipersiapkan untuk mengikuti Porprov Kalimantan Tengah di Sampit, Kotawaringin Timur tahun 2023 mendatang," jelasnya.

Semua peserta seleksi yang lolos, lanjutnya, akan dilatih oleh Tim Pelatih PODSI Barsel, di mana latihannya akan dipusatkan di Danau Sadar.

“Dengan seleksi ini diharapkan nantinya tim pelatih bisa menemukan para calon atlet masa depan yang berpotensi dan hebat, karena sudah memiliki dasar sehingga tidak sulit untuk dilatih,” tuturnya.

Dikarenakan pengurus PODSI Barsel yang terdahulu lama vakum, aktivitas olahraga dayung di kabupaten dengan slogan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini pun lama tidak aktif.

Hal inilah yang kemudian membuat pengurus PODSI Barsel memprioritaskan seleksi atlet dayung, hingga menjadi program utama jangka pendek mereka.

“Kita berharap agar pada pelaksanaan Porprov di Sampit nanti dan juga event-event lainnya, kita bisa bersaing dengan daerah lain dan bahkan bisa menorehkan pencapaian yang maksimal dan sesuai target,” imbuhnya.

Sebagai salah satu cabang olahraga favorit masyarakat Barsel, PODSI Barsel mengharapkan agar olahraga dayung ini bisa mendapatkan perhatian yang lebih serius dari pemerintah.

Selain penyediaan sarana dan prasarana yang mumpuni, seperti perbaikan tribun di Danau Sadar yang kini kondisinya sudah memprihatinkan, PODSI juga berharap Pemkab bisa lebih perhatian terhadap ketersediaan dana untuk pembinaan dan operasional para atlet.

Tampak kegiatan yang dilaksanakan pada sore Kamis (10/11/2022) tersebut, disambut antusias ratusan warga yang berasal dari sekitar stadion dayung.[tomi]