Optimalkan Kinerja Enumerator E-Ketapang, DKP3 Gelar Pelatihan Ini

PARA Enumerator tengah menyimak penyampaian oleh developer E-Ketapang.| foto : istimewa

PARINGIN - Untuk mengoptimasi kinerja para petugas admin dan enumerator, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan menggelar Pelatihan Aplikasi E-ketapang dan Website DKP3 Tahun 2022 di Aula DKP3, Kamis (24/11/2022).

Elektronik Ketahanan Pangan (E-Ketapang) merupakan sebuah aplikasi kepunyaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk monitoring harga bahan pokok, ketersediaan stok pangan dan lain-lain.

Diresmikan pada 2018 oleh Dinas Ketahanan Pangan pada saat Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan belum digabung menjadi satu instansi.

Memiliki delapan Enumerator (petugas monitoring dan input data) dan satu administrator (pengumpul data dari Enumerator) yang terbagi di delapan Kecamatan di Kabupaten Bumi Sanggam dan satu di Kantor DKP3.

Tujuan dari penyelenggaraan pelatihan E-Ketapang, disampaikan oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kabupaten Balangan, Yulianti, adalah untuk lebih mengoptimalkan dan menambah keprofesionalan para petugas Enumerator agar dapat menyampaikan data secara akurat dan optimal.

"Kita ingin para Enumerator bisa lebih optimal dalam menjalankan tugas dan bisa menyajikan data yang diperlukan oleh masyarakat," ucapnya.

Yulianti berpesan kepada para Enumerator agar dalam menjalankan tugas untuk mengumpulkan data di lapangan selalu bisa menjaga kordinasi dengan para pedagang, pemilik penggilingan, para agen dan grosir bahan pokok.

"Untuk para Enumerator agar selalu bisa berkoordinasi dengan para mitra di lapangan," pesannya.

Yanti berharap para Enumerator selalu bisa menjalankan tugas di lapangan dengan baik dan selalu tepat waktu dalam menginput data ke aplikasi E-Ketapang.

"Harapan kami para petugas Enumerator selalu update terkait data-data yang diperlukan ke aplikasi E-Ketapang," tutupnya.[martino]