Pelaku Koperasi di Tanbu Antusias Ikuti Bimtek

BATULICIN – Tak kurang 30 peserta antusias mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Koperasi di Guest House Sunrise, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Mereka yang mengikuti Bimtek sejak 8 November 2022 tersebut berasal dari unsur pengurus, dan pengawas koperasi dan pelaku UKM di Bumi Bersujud.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemkab Tanbu melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian (DKUMP) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala DKUMP Tanbu, H Deni Hariyanto mengatakan, dalam Bimtek ini para pelaku usaha koperasi akan dilatih tentang manajemen koperasi, termasuk kepada seluruh pengurus koperasi. Ini tak lain agar dalam mengelola koperasi bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

“Dengan Bintek ini diharapkan sistem pembukuan bisa dilakukan dengan teratur,” tutur Deni.

Kegiatan ini tentu harus digunakan secara baik oleh pengurus Koperasi dan UKM, termasuk untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan koperasi.

“Kami berharap para pengurus, pengawas koperasi dan UKM yang telah mengikuti Bimtek ini dapat mengimplementasikan pengelolaan koperasi, sehingga ke depan koperasi dan UKM bisa lebih maju dan berkembang yang mampu meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan bagi seluruh anggotanya,” paparnya.

Ketua Penyelenggara Bimtek, Aidil Adha menambahkan, Bimtek ini diharapkan mampu memberikan daya ungkit yang kuat bagi kemajuan dan perkembangan Koperasi dan UKM di Tanbu.

"Juga diharapkan mampu mewujudkan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan bagi seluruh anggotanya," imbuh Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro ini.

Bimtek ini dimulai dengan pemaparan materi Kebijakan dalam Pemberdayaan KUMKM, dengan narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Kalsel.[joni]