Via QRIS, UMKM Dibebaskan Biaya MDR oleh Bank Kalsel


BANJARMASIN - Pasca diterbitkan Bank Indonesia sejak awal November 2022, Bank Kalsel pun langsung bergerak meresmikan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) via aplikasi Aksel.

Untuk memunculkan fitur tersebut, aplikasi Aksel milik Bank Kalsel terlebih dahulu harus diperbarui, baik pengguna IOS maupun android.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, Rabu (9/11/2022) mengatakan, QRIS Aksel dipersiapkan untuk para pelaku UMKM di Banua. Tentunya pembayaran cepat tersebut juga akan memudahkan nasabah saat bertransaksi.

“Salah satu program untuk UMKM yang buka tabungan QRIS tidak dibebankan Merchant Discount Rate (MDR). Kita enggak mau, free untuk nasabah Bank Kalsel,” jelasnya.

Menurut Hana, biasanya para pelaku UMKM bakal dibebankan biaya MDR sekitar 0,7 persen. Memang lebih kecil dari biaya switching melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebesar 1 persen.

Namun untuk menarik minat para UMKM, Bank Kalsel menggratiskan biaya tersebut. Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen Bank Kalsel dalam membangun dan membesarkan UMKM lokal.

Ia menambahkan, program bisnis Bank Kalsel 2022-2024, yakni UMKM menjadi penggerak revenue bagi Bank ke depan. 

"Dari situlah kemudian Bank melahirkan Divisi UMK," imbuhnya.

Divisi tersebut, lanjutnya, punya tugas menangani unit kerja mikro dan kecil. Dengan divisi itu, bank ingin para UMKM mikro bertransformasi menjadi besar.[advertorial]