Budaya Tari Khas Bartim Tampil di TMII

Budaya Tari Khas Bartim Tampil di TMII

PENARI Dari Kabupaten Barito Timur Tampil di TMII

JAKARTA - Penampilan Tim Tari Kabupaten Barito Timur mengguncang Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (03/12/2022). 

Pasalnya penampilan Tim Tari Kabupaten Barito Timur sangat memukau dan menyita perhatian penonton yang hadir. Pengunjung yang menyaksikan seakan tak berkedip melihat tarian yang begitu unik. Mereka pun tak beranjak sebelum pagelaran tarian usai. Pagelaran dimulai dengan tarian pembuka wadian dadas ginsi langit dan tumet leut.  

Kemudian  dilanjutkan dengan tarian puncak upacara ritual wadian dayak Barito Timur Ngananuang, Ngatatungkal Indonesia Naru Sapu dan Mambadil Bulau,  serta  diakhir tarian Nangai Gunung Perak.

“Seluruh Tim Tari Barito Timur ikut menari Nangai Gunung Perak. Tidak ketinggal juga  Bupati Barito Timur beserta istri, Forkompinda, Kepala OPD, dan semua undangan ikut menari bersukacita dan bergembira,” terang Kepala Disbudparpora Kabupaten Barito Timur Dra. Herawani, MM kepada MMC Bartim.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur ini menceritakan, semua orang yang hadir menyaksikan pagelaran itu nampak hanyut  dalam alunan musik tradisional yang khas. 

“Semuanya ikut menari dengan tarian wadian bawo, wadian dadas, tarian bahalai dan tarian giring-giring sambil mengelilingi gunung perak,” paparnya.

Keberhasilan Tim Tari Kabupaten Barito Timur membius penonton yang hadir, menandakan suksesnya pagelaran yang dilakukan oleh Tim Tari Kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini.

Karena itu, melalui MMC Bartim, Kepala Disbudparpora mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur, sehingga pagelaran ini bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Dia mengatakan, kehadiran Orang Nomor Satu di Barito Timur ini memberikan suntukan moral kepada jajaran Disbudparpora untuk terus mengembangkan dan mempromosikan budaya yang ada di Kabupaten Barito Timur, agar dikenal dan dicintai oleh masyarakat luas.

“Terima kasih kehadiran  Bupati Barito Timur berserta Ibu, Forkompinda beserta istri dan suami, Kepala OPD, Pimpinan Bank Kalteng Cab. Tamiang Layang, Pimpinan BRI Cab. Buntok pada kegiatan pagelaran promosi atraksi budaya daerah Kabupaten Barito Timur di TMII Tahun 2022,” pungkasnya [adv]

Lebih baru Lebih lama