Dewan Adat Dayak Dukung Pemkab Balangan di Sektor Pembangunan

Dewan Adat Dayak Dukung Pemkab Balangan di Sektor Pembangunan

DAD gelar diskusi bersama Forkopimda Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Balangan merupakan kabupaten yang memiliki keberagaman suku agama dan budaya, salah satu suku yang ada adalah Suku Dayak yang banyak tersebar di Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

Demi mempersatukan dan mempermudah hubungan antara Forkopimda dengan penduduk Suku Dayak maka dibentuklah Lembaga Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan.

Salah satu bentuk keselarasan antara DAD Balangan dan Pemkab Balangan dengan digelarnya acara diskusi bersama Lembaga Adat Dayak, pemerintah desa, Forkopimda Kabupaten Balangan dengan mengangkat tema membangun keberagamaan dalam rangka mendukung pembangunan daerah menyongsong keberadaan IKN di pulau borneo bertempat di Resto dan water park Ar-raudah Paringin, Selasa (13/12/2022).

Dalam acara turut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemasyarakatan dan SDM, Dandim 1001 HSU-Balangan, Kasat Reskrim, Kasat Intel dan tamu undangan lainnya.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan Mandan menyebut, tujuan digelarnya diskusi bersama yakin untuk membangun kebersamaan.

"Melalui diskusi ini kita, ingin membangun kebersamaan dalam rangka mendukung pembangunan daerah menyongsong keberadaan IKN di Pulau Borneo," ujarnya.

Melalui diskusi tersebut, ia berharap tercapainya kepekatan bersama dalam  menuju langkah pembangunan kabupaten Balangan ke depan.

Sementara itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi yang di wakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Balangan, Hasmiati menyampaikan, Balangan merupakan wilayah strategis dalam pembangunan IKN.

"Jalan A Yani  di Balangan merupakan letak yang strategis dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur," ucapnya.

Oleh karenanya, lanjutnya, potensi tersebut akan bertambah besar seiring hadirnya IKN. Maka Balangan mesti berusaha keras dalam pembangunan infrastruktur.

"Pemkab Balangan akan terus-menerus berusaha supaya infrastruktur berkelas nasional di Balangan terbangun," tuturnya.

Seperti jembatan kembar Paringin, jalan A Yani, serta pembangunan infrastruktur yang menyongsong terciptanya pembangunan yang bertaraf nasional bisa terwujud.

"Kita berharap semua pihak juga berusaha bersama-sama memperjuangkan pembangunan Kabupaten Balangan," pungkasnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama