Giat PTM di Karang Bintang Maknai Hari Juang TNI AD Ke-77

BATULICIN - Peringatan Hari juang TNI-AD ke-77 bertajuk "TNI AD di Hati Rakyat" digelar Koramil 1022-05/Karang Bintang. Melalui Posko Satu Jiwa mereka melakukan giat Pemberian Makanan Tambahan (PTM) di Jumat berkah.

Giat PTM dipusatkan di Puskesmas Karang Bintang, Jumat (16/12/2022). Paket sembako PTM yang dibagikan berisi susu kaleng, minyak goreng, gula, telur dan mie instan.

Paket sembako ini berikan kepada balita stunting di wilayah Kecamatan Karang Bintang, meliputi wilayah Puskesmas Karang Bintang, Desa Karang Bintang, Desa Sumber Wangi, Desa Pandan Sari, Desa Pematang Ulin, Desa Rejo Winangun dan Desa Karang Rejo.

Danramil 1022-05, Kapten Inf Yacob Pangala melalui Pelda Indro Turseno mengatakan, giat ini dilakukan secara rutin dan sudah berjalan setiap Jumat. Hanya saja kali ini mungkin berbeda.

Menurutnya, untuk memperingati Hari Juang TNI AD ke-77 ini pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Karang Bintang, Kecamatan Karang Bintang, serta Polsek Karang Bintang. 

Giat ini, lanjutnya, juga menindaklanjuti pasca dikukuhkannya Dandim 1022/Tnb, Letkol inf Aldin Hadi SH M.Tr (Han) sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) oleh Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar. Karena itu, mulai Danramil sampai Babinsa di tiap wilayah secara otomatis juga sudah menjadi Bapak Asuh Anak Stunting.

"Tentunya gerakan ini bertujuan untuk menurunkan angka stunting yg ada di wilayah Tanah Bumbu, khususnya di Kecamatan Karang Bintang," jelasnya.

Pelda Indro yang sekaligus mewakili Dandim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi S.H,.M.Tr (Han) menambahkan, giat ini merupakan implementasi kedekatan TNI dengan masyarakat.

"Giat Babinsa selain penanganan anak stunting dan Grebek Babinsa masuk dapur yang sudah kita lakukan, sampai saat ini bisa ikut berperan membantu pemerintah daerah di wilayah dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya," tuturnya.

Tentu, sambungnya, secara bersama-sama bergotong royong untuk bisa membantu warga lainnya yang kurang mampu. Ini sesuai dengan motto Dandim, "Bersatu untuk maju, Bersama untuk sejahtera.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Karang Bintang, Idris sangat mengapresiasi giat Koramil bersama Posko Satu Jiwa. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim karena sudah membantu secara swadaya dan peduli kepada anak balita stunting di wilayah Puskesmas Karang Bintang.

Pelayanan Puskesmas ini sendiri menjangkau enam desa, yaitu Desa Karang Bintang, Sumber wangi, Pandansari, Pematang Ulin, Rejowinangun dan Karang Rejo, di mana semuanya terdata 24 balita anak stunting dari masing-masing bidan desa. Karenanya mereka berhak mendapatkan bantuan paket sembako plus susu.

Mewakili Camat Karang Bintang, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Zaki mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Dandim yang sudah mendukung dan peduli kepada warga, khususnya anak balita stunting.

"Sengaja kita bersama Kepala Puskesmas Karang Bintang  memusatkan penyerahannya di Puskesmas Karang Bintang agar tepat sasaran, sesuai data dari masing-masing bidan desa yang ada di 6 desa di wilayah kerja Puskesmas Karang Bintang," paparnya.[joni]