Kerahkan 24 Armada, Pemkab Kapuas Kirim Logistik Bantuan Banjir

PELEPASAN armada pengangkut logistik bantuan banjir 30 desa di Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mengirimkan bantuan logistik untuk warga terdampak banjir di 4 wilayah kecamatan, 30 desa.  Pelepasan armada logistik dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Jalan Pemuda Kuala Kapuas, Rabu 30 November 2022.

Pengiriman bantuan ditandai dengan pelepasan oleh Sekda Kapuas Septedy terhadap puluhan armada truk yang mengangkut bantuan bersama personel dari BPBD, Tagana, dan lainnya.

"Bantuan ini murni dari APBD Kabupaten Kapuas dan Pemerintah Daerah pun melalui instansi terkait juga akan membantu melalui sektor kesehatan maupun perlengkapan dokumen-dokumen masyarakat yang hilang akibat terkena banjir ini,” kata Septedy.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, total ada 24 armada truk pengangkut yang mengantar bantuan logistik untuk musibah banjir itu.

"Empat kecamatan yang terdampak musibah banjir yakni Kecamatan Mantangai, Kecamatan Timpah, Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Pasak Talawang," kata Kalaksa BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Kamis (1/12/2022).

Lanjutnya, dalam musibah banjir ini, ada 6.007 Kepala Keluarga yang terdampak dari 30 desa.

Kemudian ada juga 3.993 unit rumah yang terdampak banjir, 53 unit sarana pendidikan, 11 unit sarana kesehatan , 46 unit rumah ibadah dan 93 titik akses jalan.

“Adapun bantuan yang disalurkan ini yakni sembako seperti beras sebanyak 60 ton dan sejumlah bahan pokok lainnya,” pungkasnya.[aan/adv]