Lima Pelaku Pemerasan Tugboat Diamankan Petugas Polsek Karau Kuala

BUNTOK - Polsek Karau Kuala jajaran Polres Barito Selatan (Barsel) berhasil mengamankan 5 orang terduga pelaku pemerasan terhadap kapal tugboat Trans Pacific.

Pemerasan sendiri dilakukan saat tugboat sedang membawa batu bara dan melintasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito Teluk Sampudau. 

Sambil menggunakan klotok mesin, kelima terduga pelaku nekat menaiki kapal tugboat dan memaksa kapten kapal beserta krunya untuk mengisikan BBM jenis solar ke dalam 7 jirigen. 

"Kejadian ini terjadi pada hari Minggu (11/12/2022) yang lalu, di mana mereka membentak dan mengancam kapten kapal serta krunya untuk mengisi BBM ke jirigen," terang Kapolres Barsel, AKBP Yusfandi Usman SIK MIK, Senin (19/12/2022). 

Masih dijelaskan Kapolres, enam jirigen itu mampu menampung BBM jenis solar sebanyak 35 liter dan satu jirigen lainnya sebanyak 20 liter. 

Setelah tindak pidana pemerasan itu terjadi, korban segera melaporkan ke SPKT Polsek Karau Kuala yang kemudian ditindaklanjuti. 

"Para terduga pelaku kita amankan di Desa Baru dan Desa Teluk Telaga beserta barang bukti berupa klotok mesin serta sejumlah jirigen berisikan BBM berjenis solar," terangnya. 

Dengan adanya kejadian ini, Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Barsel, khusus sepanjang DAS Barito. Ini agar dalam melakukan aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan baik dan aman. 

"Mari kita jaga sama-sama kamtibmas, tidak ada tindakan pidana. Kami juga akan melakukan tindakan tegas apabila hal serupa kembali terjadi," tandasnya.[tomi]