Siswa SMKPP Negeri Paringin PKL di DKP3, Tuhalus Harapkan ini

KEGIATAN pelepasan siswa magang oleh SMKPP Negeri Paringin ke DKP3 Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMKPPN) Paringin melepas 15 orang siswa untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, bertempat di Aula DKP3 Balangan, Jumat (9/12/2022).

Pelepasan siswa Prakerin langsung disambut oleh Tuhalus selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan.

Disampaikan oleh Kepala DKP3 Kabupaten Balangan Ir. Tuhalus, bahwa untuk teknis pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya, dimana para siswa PKL akan ditempatkan di lapangan bersama penyuluh pertanian yang ada di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di beberapa kecamatan di kabupaten Balangan.

"Kita akan tempatkan di lapangan untuk mendampingi para PPL, yang saat ini dalam penyusunan program desanya," ucapnya.

Tuhalus kembali menambahkan bahwa untuk para siswa PKL akan lebih diberi pendalaman terhadap jurusan mereka, sehingga para siswa bisa tahu permasalahan yang terjadi di lapangan.

"Semua ini, Keilmuan mereka akan kita godok menjadi satu di desa ini, sehingga mereka bisa tahu permasalahan dan bahkan mungkin bisa menjadi jalan solusi bagi kita," tambahnya.

Tuhalus mengharapkan, agar seluruh siswa PKL jangan menganggap kegiatan ini menjadi beban tetapi lebih dijadikan sebagai sarana untuk lebih memperdalam keilmuan.

"Kita sangat berharap kawan-kawan jangan menjadikan ini beban, tapi jadikan ini sebagai refreshing untuk mengaplikasikan ilmu mereka," harapnya.

Mulkani selaku ketua Koordinator siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMKPP Negeri Paringin mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan atas sambutan dan penerimaan kepada para siswa untuk melaksanakan PKL.

"Kami sampaikan dan ucapan terimakasih atas sambutan yang diberikan untuk kami serta di terimanya anak-anak kami untuk magang di dinas ini," ucapnya.

Mulkani memberi pesan kepada seluruh siswa agar selalu menjaga nama baik instansi dan juga sekolah.

"Untuk para anak-anakku selalu jaga nama baik Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dan juga nama baik sekolah kita, tetap semangat," tutupnya.[martino]