Sukseskan Program Satu Desa Satu Masjid, Insentif Ketua RT segera Naik

Sukseskan Program Satu Desa Satu Masjid, Insentif Ketua RT segera Naik

BATULICIN - Kabar gembira untuk semua Ketua RT di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), datang dari Pemkab Tanbu. Rencananya insentif Ketua RT bakal naik di tahun 2023 nanti, dari sebelumnya Rp750 ribu menjadi Rp1 Juta.

Rencana kenaikan insentif ini diungkapkan Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanbu, Samsir kepada wartawan grapena.com, Rabu (21/12/2022).

Menurut Samsir, kenaikan insentif Ketua RT sudah sesuai arahan Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar.

"RT itu adalah ujung tombak bagian penyelenggara pemerintahan desa, maka tentunya diperhatikan oleh pemerintah daerah," imbuhnya.

Para Ketua RT juga dinilai turut berperan dalam memajukan program Satu Desa Satu Masjid di Bumi Bersujud, di mana program ini segera dilaksanakan mulai 1 Januari 2023.

"Nanti akan dilakukan monitoring oleh SKPD masing-masing yang sudah pernah ditunjuk dalam melakukan pembinaan di 5 desa dalam program tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, camat juga menjadi bagian sebagai ujung tombak, terutama dalam hal pembinaan serta pengawasan pelaksanaan program Satu Desa Satu Masjid.

"Program Satu Desa Satu Masjid ini tidak mungkin terlaksana apabila tidak bersinergi, sinerginya baik dari dinas pendidikan terkait izin orangtua, karena anaknya akan sekolah, jadi harus sepengetahuan orangtuanya. Ini adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan generasi penerus yang mempunyai akhlak mulia," paparnya.

Program Satu Desa Satu Masjid ini, lanjutnya, kegiatan yang luar bisa dalam memakmurkan masjid.

"Tentunya pasti kelihatan indah dan semarak, karena yang kita dengar adalah suara-suara Alquran yang ada di masjid-masjid," tutup Samsir.[joni]


Lebih baru Lebih lama