Terbaik Berbasis Inklusi Sosial, Perpustakaan Desa Karang Indah Andil di PLM

Terbaik Berbasis Inklusi Sosial, Perpustakaan Desa Karang Indah Andil di PLM

BANJARMASIN - Peer Learning Meeting (PLM) digelar Perpustakaan Nasional Republik di Kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung mulai 4 hingga 7 Desember 2022 ini diikuti oleh pengelola perpustakaan dari tingkat provinsi, kabupaten hingga desa.

Satu di antara mitra Perpustakaan Nasional RI penerima manfaat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang mengikuti PLM adalah Perpustakaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Bahkan pengelola Perpustakaan Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana juga ambil bagian dalam PLM ini. Perpustakaan Desa Karang Indah sendiri disebut sebagai salah satu perpustakaan terbaik dalam penerapan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Pengelola Perpustakaan Desa Karang Indah, Mariana, Senin (5/11/2022) mengaku sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan sekala nasional tersebut. Selain dapat bersilahturahmi dengan pengelola perpustakaan dari berbagai daerah, kegiatan ini juga menjadi tempat saling berbagi informasi terkait perkembangan perpustakaan dan literasi. 

Ia berharap perpustakaan di desa dapat menjadi pilot project perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan di desa.

Mengusung tema "Gerakan Kolaborasi dan Sinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Berkelanjutan", kegiatan tersebut diklaim bertujuan sebagai wadah sharing dan berbagi informasi terkait pengembangan perpustakaan.

Beberapa rangkaian acara dalam kegiatan ini, yakni talk show interaktif, kelas berbagi dan awarding ceremony. Selain itu, peserta juga diminta mengisi stand pameran untuk menampilkan produk-produk UMKM lokal.

Pun dengan Tanah Bumbu juga ikut serta mengisi stand dengan produk-produk UMKM hasil binaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu, Yulia Rahmadani SPd MM menyampaikan, sampai saat ini sebanyak 4 perpustakaan desa di Kabupaten Tanah Bumbu telah menerima manfaat program inklusi sosial dari Perpustakaan Nasional RI.

Bantuan yang diterima berupa paket komputer, televisi, printer dan sejumlah bahan Pustaka. Perpustakaan desa yang menerima, yakni Perpustakaan Desa Karang Indah, Perpustakaan Desa Mekar Jaya, Perpustakaan Desa Batulicin Irigasi, serta Perpustakaan Desa Suka Damai.

"Mudahan perpustakaan desa di Kabupaten Tanah Bumbu terus berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan," pungkasnya.[joni]

Lebih baru Lebih lama