UPTD Puskesmas Edison Jaar Lakukan Trobosan Naru

PETUGAS Puskesmas Edison Jaar berikan Pelayanan kepada masyarakat

 

TAMIANG LAYANG - Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Puskesmas Edison Jaar Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur membuat trobosan baru. 

Puskesmas yang dipimpin oleh Ronal Jayus Tumiwan, S.Kep ini menggelar pelayanan kesehatan terpadu ke lima desa wilayah pelayanannya. Lima desa yang dimaksud yakni, Matarah, Mangkarap, Maragut, Gumpa dan Jaar. 

Kepala Puskesmas Edison Jaar Ronal Jayus Tumiwan, S.Kep melalui Koordinator Kegiatan Pelayanan Kesehatan Terpadu Murjani, SKM yang dikonfirmasi oleh Kontributor MMC Bartim, Kamis (8/12/2022) mengatakan, Pelayanan Kesehatan Terpadu sudah berjalan dari tanggal 7 Desember 2022. Sasaran pertama pelayanan kesehatan terpadu tersebut adalah Desa Matarah. 

Pelayanan kesehatan terpadu di Desa Matara di pusatkan di depan Pasar Desa Matarah, mulai pukul.14.30 WIB s/d 16.00 WIB.

Pelayanan apa yang diberikan dalam kegiatan? Murjani menuturkan banyak sekali pelayanan yang diberikan dalam pelayanan kesehatan terpadu itu diantaranya, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, konsultasi kesehatan (kunjungan sehat), pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB), vaksinasi covid-19, pencegahan dan pengendalian penyakit, promosi kesehatan, gizi, dan kesehatan lingkungan serta kunjungan ke rumah waga yang sakit.

Kedatangan Petugas Pelayanan Kesehatan Terpadu yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Edison Jaar  di Desa Matarah kemarin, tak disia-siakan oleh warga setempat, terbukti banyak warga setempat yang datang mengunjungi pelayanan kesehatan terpadu itu. “Sebanyak 69 orang yang megunjungi  Pelayanan Kesehatan Terpadu di Matarah jumlahnya cukup banyak,” terang Murjani.

Pada kegiatan Pelayanan Kesehatan Terpadu di Desa Matarah UPTD Puskesmas Edison Jaar menurunkan Tim kesehatannya diantaranya dr. Flora F Rubay, Hj. Melda Fitriah, S.Kep Ns, Taufik Karami, Amd Far, Katantulius DN S.Kep Ns, Yohana Verawaty, STr Keb, Ladi AMG, Suswanti, Amd Keb, Periana, Amd.Keb, Selly N, AMK, Yethini SKM, Kawuri Teah B, S.Kep, Febrianto, A.Md.Kep, Arya Fitrisariani, A.Md.Kep dan Nikmah Anugerah, S.Kep Ns.

Melalui pelayanan kesehatan terpadu ini, Murjani mengarapakan  masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Disamping itu dengan sering turun ke desa petugas kesehatan Puskesmas Edison Jaar selalu bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.[adv]