18 Personel Polres Balangan Naik Pangkat

KAPOLRES Balangan, AKBP Zaenal Arifin SIK menyiramkan air kembang kepada salah seorang personel Polres Balangan yang naik pangkat.| foto : istimewa

PARINGIN - Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin memimpin Upacara Korps Rapor Kenaikan Pangkat Personel Polres Balangan 1 Januari 2023 di Lapangan Apel Polres Balangan, Senin (2/1/2023) pagi.

Ada sebanyak 18 personel Polres Balangan yang naik pangkat setingkat lebih tinggi, terdiri dari pangkat IPTU ke AKP 2 orang, IPDA ke IPTU 1 orang, Aipda ke Aiptu 3 orang, Bripka ke Aipda 7 orang, Briptu ke Brigadir 4 orang dan Bripda ke Briptu 1 orang.

Dalam amanatnya, Kapolres Balangan menyampaikan bahwa kenaikan pangkat merupakan hak setiap anggota Polri namun tidak serta merta setiap anggota Polri diberikan kenaikan pangkat, tetapi melalui proses penilaian baik masa kerja, pengabdian, dedikasi dan kinerja melalui dewan pertimbangan karir.

“Namun untuk mendapatkan kenaikan pangkat harus diperjuangkan dengan memenuhi tuntutan tugas sesuai persyaratan yang ada, antara lain harus memenuhi persyaratan secara administrasi maupun kesamaptaan yang telah ditetapkan kemudian penilaian atasan terhadap sikap dan perilaku sehari-hari serta prestasi kerja yang ditunjukkan juga menjadi pertimbangan, sehingga kenaikan pangkat ini benar-benar merupakan hasil kerja keras dan dedikasi tinggi, serta prestasi kerja yang telah ditunjukkan oleh personil,” katanya.

AKBP Zaenal Arifin menambahkan, kenaikan pangkat juga mempunyai konsekuensi yang harus dilaksanakan yaitu adanya peningkatan kinerja, wawasan, kecakapan dan tanggung jawab.

Kapolres juga mengingatkan kepada seluruh personel Polres Balangan untuk tetap memelihara kekompakan dan disiplin serta melaksanakan segala ketentuan, aturan, prosedur yang berlaku dan mengikuti perkembangan dinamika Kamtibmas sesuai tuntutan zaman.

"Atas nama pribadi dan keluarga maupun sebagai pimpinan Polres Balangan beserta seluruh jajaran mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat yang sudah saudara raih. Bersyukurlah karena ini merupakan anugerah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa," tutup Kapolres Balangan.

Usai memberikan arahan dan sambutannya Kapolres Balangan dan Pejabat Utama Polres Balangan menyalami personel yang naik pangkat dan dilanjutkan dengan tradisi siraman air kembang.

Upacara kenaikan pangkat ini dihadiri pula Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono SH SSos MH, para Kabag, Kasat, Kasi, jajaran Kapolsek, Perwira, Bintara dan ASN Polres Balangan.[martino]