Dinkes Kapuas Sambut Peringatan HTBS, Skrining TB Kepada Ratusan Warga Binaan

Dinkes Kapuas Sambut Peringatan HTBS, Skrining TB Kepada Ratusan Warga Binaan

SKRINING TB kepada ratusan warga binaan dalam rangka HTBS 2023.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Ratusan warga binaan (WB) rumah tahanan (rutan) kelas IIB  Kapuas menjalani tes skrining TB (tuberklosis) dan HIV (human immunodeficiency virus), di Rutan Kelas IIB Jalan Pemuda Kabupaten Kapuas, Kalteng, Selasa 21 Maret 2023.

Tes skrining atau deteksi dini ini dilakukan oleh tim dari Bidang P2P Dinas Kesehatan Kapuas bersama pihak RSUD Kapuas dan Puskesmas.

Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawati Panjaitan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) menyebut kegiatan itu juga dalam rangka peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) yang diperingati setiap tanggal 24 Maret.

"Dalam rangka Hari Tuberkulosis Sedunia  dilakukan kegiatan skrining terduga TBC  pada sekitar 301 warga binaan. Dari 301 ada  5 orang dipemeriksa dahak secara TCM (tes cepat  molekuler)," kata dr Ahmad Haspiani, Rabu (22/3/2023).

Jumlah warga binaan di rutan IIB Kuala Kapuas  ada 311, sebanyak 298 warga binaan juga diskrining  HIV dan 
Hepatitis C.

Lanjut dia menambahkan, upaya pencegahan penularan TBC dapat dilakukan dengan cara investigasi kontak, deteksi dini atau skrining TBC, dan pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT).

Tema peringatan HTBS tahun 2023 secara global yaitu 'Yes We can End TB'.

dr Ahmad yang juga Ketua IDI Kapuas ini menutirkan sebagai salah satu bentuk implementasi strategi nasional   
kelima dalam Perpres 67/2021 yaitu peningkatan peran serta komunitas, pemangku kepentingan, dan multisektor lainnya dalam penanggulangan TBC, Hari TBC Sedunia (HTBS) pada 24  Maret 2023 menjadi momen  yang tepat untuk mengajak  keterlibatan multi-sektor. 

Peringatan HTBS adalah kesempatan untuk meningkatkan kampanye dengan penyebarluasan  informasi terkait TBC  serta mendorong semua pihak untuk terlibat aktif dalam pencegahan dan pengendalian TBC.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama