Inovasi Arwana untuk Jamin Keamanan Arsip di Setwan Balangan

Inovasi Arwana untuk Jamin Keamanan Arsip di Setwan Balangan

SEKRETARIS DPRD Balangan Tanrin.| foto : istimewa

PARINGIN - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan miliki inovasi untuk menjamin keamanan arsip yang memiliki nama Arsip Setwan Aktif (ARWANA) dan bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan.

Disampaikan oleh Sekertaris DPRD Balangan, Tamrin, tujuan dibuatnya inovasi ARWANA ini ada tiga, di antaranya untuk melaksanakan manejemen arsip serta memberi kepastian bahwa seluruh prodak-prodak arsip yang diperoleh dari masa ke masa itu terjaga dengan baik dan mempermudah dalam mencari arsip.

"Sesuai tata cara penyimpanannya dengan ketentuan yang berlaku, yaitu sesuai dengan peraturan arsip nasional," jelasnya saat ditemui di kantornya, Senin (27/3/2023).

Ia melanjutakan bahwa inovasi ini dibentuk sejak awal januari tahun 2023 dan akan terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

"Kita gagas tahun ini, dan di bulan Januari tadi kita sudah kordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," lanjutnya.

Untuk Inovasi Arwana sendiri memiliki petugas khusus yang dilatih guna untuk mengumpulkan dan menjaga arsip-arsip serta akan disediakan lemari anti api untuk lebih menjaga arsip apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

"Petugasnya nanti kita beri pelatihan agar bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya," jelas Tamrin.

Tamrin juga memohon dukungan agar inovasi Arwana ini bisa terus dikembangkan dan jadi lebih baik lagi.[martino]
Lebih baru Lebih lama