Didampingi Wabup, Bupati Kapuas Resmikan Rujab Baru Bupati

Didampingi Wabup, Bupati Kapuas Resmikan Rujab Baru Bupati

PERESMIAN Rujab Bupati Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemotongan pita dan penandatanganan prasasti menandai diresmikanya Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kapuas yang baru selesai pembangunannya, Senin (27/3/2023).

Peresmian langsung oleh Bupati Kapuas, Kalteng, Ben Brahim S Bahat didampingI Wakil Bupati HM Nafiah Ibnor serta disaksikan unsur Forkopimda setempat.

Rumah jabatan Bupati Kapuas yang diresmikan berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kota Kuala Kapuas, merupakan lokasi rujab terdahulu.

Sementara dalam peresmian ini dihadiri sejumlah kepala SKPD, pejabat lingkup Pemkab Kapuas, para camat dan kepala desa serta undangan lainnya.

"Hari ini sudah kita resmikan, karenanya  sudah bis dijadikan tempat kegiatan-kegiatan seperti kegiatan keagamaan dan lainnya. Jadi, diresmikan saja hari ini karena sudah layak untuk bermanfaat beberapa ruangan dan bisa menampung 2.000 lebih untuk ballroom ini," kata Bupati Kapuas.

Ben Brahim menyebutkan, yang tersisa adalah furniture-furniture dan beberapa ruangan, mungkin akan dilanjutkan tahun 2024.

"Karena kita tetap memprioritaskan infrastruktur yang mendukung untuk kegiatan ekonomi kerakyatan. Itu yang kita utamakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR PKP Kapuas, Teras mengatakan, pembangunan baru rumah jabatan Bupati Kapuas tersebut, merupakan proyek kontrak tahun jamak atau multiyears.

Di mana sesuai kontrak, dikerjakan selama 2 tahun yaitu sejak 23 Desember 2020. Dikerjakan oleh rekanan PT Citra Prasasti Konsorindo, menggunakan Dana Alokasi Umum dengan anggaran sebesar Rp63 miliar lebih.

Teras menjelaskan, sebelumnya bangunan rumah jabatan yang tepat berada ditepi Sungai Kapuas Murung berdiri sejak tahun 1963.

"Maka dibangunlah bangunan baru dua laintai dengan luas lahan kurang lebih 7400 m2 yang terdiri dari beberapa bangunan, diantaranya ballroom, ruang rapat, kamar VIP dan lainnya. Ini akan menjadi ikon dan simbol baru Kabupaten Kapuas dengan nuansa etnik dayak modern," kata Teras.

Ia menjelaskan, bangunan ini bukan hanya sekadar tempat tinggal bupati, melainkan multifungsi yaitu salah satunya menjadi tempat yang layak untuk pusat kegiatan, menampung tamu lokal dan tamu dari luar daerah.

Rujab ini, dibangun dua lantai dengan bangunan utama berukuran 30 x 77,4 meter atau keseluruhan bangunan mencapai 3.600 meter persegi.

Dia menuturkan, pada bangunan lantai satu, terdiri atas satu unit rumah jabatan, ballroom berkapasitas 1.000 orang dan sejumlah ruang rapat.

Sedangkan lantai 2 terdiri atas ruang fasilitas olahraga, ruang tamu VVIP dan VIP yang menampilkan arah pandang atau view ke Sungai Kapuas.[aan/adv]
Lebih baru Lebih lama