Pemkab Kapuas Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Calhaj Lansia

PEMERIKSAAN calon jemaah haji lansia di Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kapuas, Kalteng kembali memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bagi calon jemaah haji lanjut usia (lansia).

"Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh  Dinas Kesehatan bekerjasama dengan RSUD Kapuas pada tanggal 27 sampai 28 Februari 2023 kemarin," kata Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawati Panjaitan, Kamis (2/3/2023).

Kali ini dengan sasaran jemaah haji data tambahan Lansia dan penggabungan sebanyak 20 orang.

"Sampai saat ini total calon jemaah haji Lansia (65 tahun ke atas) yang sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan bejumlah 41 orang, dengan usia tertua 84 tahun," terang dr Tonun.

Mengingat banyaknya jemaah lansia maka tema pelayanan haji tahun ini adalah haji ramah lansia dan ramah disabilitas.

"Selain pemeriksaan kesehatan lengkap yang meliputi EKG, Rontgen, Laboratorium dan Demensia, juga dilakukan pengukuran kebugaran," ujarnya.

Sambungnya, pelaksanaan pengukuran kebugaran selain dengan metode Rockport (lari kecil atau jalan cepat sejauh 1,6 km) juga ada yang menggunakan metode Six Minute Walking Test (tes berjalan selama 6 menit).

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dan latihan kebugaran bagi jemaah lansia ini sangat penting dilaksanakan untuk menyiapkan jemaah sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji.

Apalagi dengan kondisi usia lanjut perlu diketahui kondisi kesehatan dan kebugaran sejak awal sehingga bisa diantisipasi dan dipersiapkan sejak dari tanah air agar saat di tanah suci tetap sehat, bugar dan mandiri.

“Untuk jemaah Lansia yang perlu perhatian khusus tapi berangkat sendirian, diharapkan agar keluarga bisa mempersiapkan pendamping dari jemaah lain yang juga berangkat, sehingga bisa terbantu,” pungkas dr Tonun.[aan/adv]