Puluhan Ribu KPM di Kapuas bakal Terima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan

Puluhan Ribu KPM di Kapuas bakal Terima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan

KEPALA Dinsos Kapuas, Yanmarto SH MHum.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Kabar baik, bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas, Kalteng khususnya yang telah terdata, pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng di tahun 2023 ini kembali akan menyalurkan bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat melalui Kemensos RI yang akan disalurkan kepada masyarakat dalam hal ini KPM (Keluarga Penerima Manfaat), bahkan  penerima yang dialokasikan jumlahnya hingga puluhan ribu.

Sehubungan akan disalurkan Bansos ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas menggelar rapat koordinasi, Kamis (9/3/2023) di kantor Dinsos setempat.

Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto SH MHum menyampaikan, penyaluran bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2023 akan dilaksanakan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

"Hari ini kami telah  melaksanakan rapat persiapan penyaluran bantuan sosial tahun 2023. Kami mengundang perwakilan Himbara untuk penyaluran Bansos 2023 yaitu Bank BRI dan PT Kantor Pos," kata Yanmarto.

Selain itu, Rakor ini melibatkan pilar sosial di Dinsos setempat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Rapat tersebut dalam rangka meningkatkan sinergi dan koordinasi sesuai tupoksi masing-masing agar penyaluran Bansos berjalan dengan tertib dan lancar sesuai juknis dan waktu penyaluran ke KPM sesuai dengan yang telah ditentukan.

Selain itu, juga dalam rapat dibahas antisipasi hambatan dalam penyaluran bansos dan solusi alternatif, khususnya pada wilayah jauh dan sulit akses.

"Ada beberapa jenis bansos yang akan  disalurkan, yakni PKH yang akan disalurkan melalui Bank BRI dengan jumlah KPM  yang akan menerima sebanyak 1.716," terangnya.

Kemudian, lanjut mantan Kadis DPMD ini, ada PKH Bansos kombinasi sembako yang akan disalurkan melalui PT Kantor pos dengan jumlah penerima sebanyak 7.019 KPM, selanjutnya ada Bansos murni  sembako saja dengan jumlah KPM sebanyak 10.919 orang.

Adapun KPM penerima bansos yang telah terdata sebagaimana data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS  tersebut tersebar di 214 desa/kelurahan 17 wilayah kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Diharapkannya, untuk penyaluran Bansos 2023 ini bisa maksimal baik itu perluasan maupun serapan penyeluran.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama