Upaya Tekan Stunting melalui Edukasi Pangan Lokal Hasil Pekarangan

Upaya Tekan Stunting melalui Edukasi Pangan Lokal Hasil Pekarangan

WABUP Kapuas saat pimpin rapat gerakan tekan stunting di Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut baik gerakan pencegahan stunting melalui edukasi pangan lokal hasil pekarangan.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten kapuas mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Indonesian Gastronomi Community (IGC) yang telah memilih Kabupaten Kapuas sebagai salah satunya menjadi percontohan penurunan stunting dengan edukasi pangan lokal hasil perkarangan," kata Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor, Kamis (8/3/2023).

Sebab, faktor utama yang menyebabkan anak balita mengalami stunting adalah gizi buruk pada ibu hamil dan bayi.

”Stunting ini menjadi permasalahan yang dihadapi dan ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak, pemerintah, pengusaha swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat selain itu yang paling berperan adalah di mulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai individu atau pribadi dengan membangun ketahanan keluarga secara utuh di berbagai bidang,” papar 
Wabup Nafiah.

Sebelumnya, Wabup Nafiah didampingi Ketua GOW Kapuas, Hj Asmah Nafiah, Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC), Ria Musiawan, Dewan Pembina IGC, Ir. Nyelong Inga Simon menghadiri kegiatan gerakan tekan stunting melalui edukasi pangan lokal hasil pekarangan di aula Bappelitbangda Kabupaten Kapuas, Selasa 7 Maret 2023.

Wabup Nafiah menekankan kepada semua OPD, Camat, Kepada Desa, Kelurahan dan semua pihak yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting untuk dapat segera melakukan rencana aksi yang nanti akan disimpulkan bersama.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama