Dodol Singkong Primadona Baru dari Kecamatan Batumandi

Dodol Singkong Primadona Baru dari Kecamatan Batumandi

CAMAT Batumandi bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Batumandi.| foto : Istimewa

PARINGIN – Salah satu kecamtan di Kabupaten Balangan yaitu Kecamatan Batumandi yang terkenal dengan makanan dan minuman khas mandai dan sirup batumandi (sirbam), kali ini giliran produk berbahan dari singkong yang menjadi primadona dari Kecamatan Batumandi yaitu Dodol Singkong.

Disampaikan oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Batumandi, Nurul Bahriah, olahan dari singkong yaitu dodol singkong merupakan sebuah cemilan khas Kecamatan Batumandi yang terbaru yang kembali dipamerkan pada Expo Balangan 2023.

“Ini ada produk andalan kami yang terbaru, kalau sirbam, mandai krispy, cangdai, kacang kentaky dan lain-lain kan sudah buming, nah ini adalah dodol singkong. Ini sangat enak jadi kemarin pada waktu expo terdahulu produk ini yang penjualannya lumayan laris manis,” ujarnya, Rabu (10/5/2023) sore.

Ia menyebutkan, sebelumnya juga ada rengginang dari singkong, tapi karena bahannya yang agak susah dicari jadi pengrajin lebih banyak membikin dodol.

“Untuk rengginang singkong juga agak susah pembikinannya,” ucapnya.

Produk terbaru dari mereka ini, lanjutnya, sudah sampai pemasaran hingga ke luar daerah, yakni di Provinsi Kalimantan Timur khusnya Samarinda.

“Untuk pemasaran lumayan sudah banyak ke kabupaten lain, sampai ke Samarinda juga ada karena kebetulan ada saudara jadi mereka di sana yang ikut menjualkan,” pungkasnya.[martino]


Lebih baru Lebih lama