Lagi, Pemkab Bartim Gelar Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023

Lagi, Pemkab Bartim Gelar Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, kembali menggelar Festival Nansarunai Jajaka tahun 2023 dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

Kegiatan itu sebut saja seperti penampilan tarian adat budaya, perlombaan dan keterlibatan penyajian dari UMKM serta sejumlah hiburan. Event ini dilaksanakan selama 5 hari ke depan.

Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bartim, Habib Said Abdul Saleh dan turut hadir Kepala Forkompimda, Kepala OPD serta para tamu undangan yang di gelar di Ruang Terbuka Hijau, Jumat (5/5/2023). 

Acara dimulai dengan penyampaian rangkaian kegiatan dari Kepala Dinas Kebudayan Pariwisata dan Kepemudaan Bartim, Dra Herawani MM, sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta terlibat dalam kegiatan.

Bupati Bartim, Dr Ampera AY Mebas SE MM dalam sambutannya yang dibacakan Wabub Said menyampaikan, Festival Nansarunai Jajaka 2023 ini merupakan kegiatan tahunan yang menjadi tradisi untuk masyarakat Barito Timur.

"Dengan adanya kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini, kita ingin menggugah ingatan dan mengenalkan kembali berbagai Kebudayaan dan Kesenian yang pernah ada, tumbuh dan berkembang di daerah kita beberapa dasawarsa yang lalu dan kita ingin anak-anak kita serta generasi muda pada umumnya, dapat kembali mencintai dan menggemari berbagai kesenian dan permainan rakyat sebagai warisan
leluhur bangsa," tuturnya.

Menurutnya, selain ingin membentengi anak-anak dan generasi muda dari berbagai pengaruh budaya yang negatif seraya menumbuhkan kecintaan terhadap budaya sendiri, Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini juga diharapkan menjadi
salah satu ajang promosi pariwisata daerah dalam rangka memperkaya atensi pariwisata nasional. 

"Kita ingin kesenian dan permainan rakyat dapat menjadi salah satu atraksi dan Daya Tarik Wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangi Wisatawan Nusantara tetapi juga disenangi Wisatawan
Mancanegara," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan kepada semua pihak yang punya kepedulian terhadap pengembangan seni budaya. "Saya himbau marilah kita satukan langkah untuk secara bersama-sama memajukan seni budaya daerah, sebagai bagian integral dari keberhasilan dalam mengembangkan seni budaya," imbuhnya.

Iya menambahkan, pembangunan Nasional sangat ditentukan oleh kepedulian dan kebersamaan, baik
dari unsur pemerintah, swasta, dunia usaha, maupun masyarakat secara keseluruhan.

Wabub juga menyampaikan
ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus terutama kepada para peserta dari kecamatan di Kabupaten Barito Timur, serta semua pihak yang telah membantu.

"Permainan rakyat Kabupaten Barito Timur ini dapat terlaksana sesuai rencana dan waktu yang telah ditetapkan. Khusus kepada para peserta dari luar kota, saya ucapkan selamat datang di Tamiang Layang dan selamat bertanding, semoga saudara-saudari mendapat hasil yang maksimal dalam berbagai lomba yang saudara ikuti," pesannya.[yovan]

Lebih baru Lebih lama