Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Bartim Apresiasi Kunker Anggota DPR RI

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Bartim Apresiasi Kunker Anggota DPR RI

KADIS Pertanian dan Ketahanan Pangan Bartim, Lurikto.| foto : yovan

TAMIANG LAYANG - Kepala dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur (Bartim) apresiasi kunjungan kerja anggota DPR RI dalam kegiatan memberikan Bimbingan teknis (Bimtek) terkait penanganan dan pemberdayaan di bidang pertanian.

Bimtek tersebut dihadiri langsung oleh anggota Komisi IV Dewan DPR-RI, Bambang Purwanto dengan menghadirkan narasumber Prof Dr Juniawan dan keterlibatan ketua Badan Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani yang di gelar di Aula Dinas Pertanian Bartim,Kamis (22/6/2023).

"Terima kasih dan apresiasi atas kunjungan anggota DPR RI ke Bartim dengan melakukan bantuan dan memberikan Bimtek kepada para petani. Kegiatan ini adalah yang pertama yang dilaksanakan di Bartim yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian bersama dengan anggota DPR RI Komisi IV," ucap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bartim, Lurikto disela-sela kegiatan.

Lurikto juga menjelaskan bahwa kegiatan ada tiga titik kecamatan, yang pertama di Dusun Timur, kemudian yang kedua di Dusun Tengah, kemudian yang ketiga di Karusen Janang.

"Dalam kegiatan ini pesertanya adalah penyuluh dan pelaku usaha atau kelompok petani kita. Saya kira mungkin ini adalah yang pertama dan kita apresiasi kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Dinas Pertanian yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga bisa dilaksanakan di Bartim," ungkapnya.

Mantan Kadis DLH Bartim ini juga mengungkapkan bahwa di Barito Timur sangat rawan terkait dengan organisme pengganggu tanaman.

"Walaupun seperti apa suburnya tanaman, kemudian berhasilnya kegiatan itu kalau misalnya organisme pengganggu tanaman yang menyerang dan tidak terkendali ini akan fatal dan bisa berakibat gagal panen," tuturnya.

Kebetulan, lanjutnya, yang pakar dari Kementerian yang berupa profesor doktor yang sudah hadir untuk memberikan materi mengenai sumber ini.

Pada kesempatan tersebut, Lurikto menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten yang telah menyalurkan bantuan kepada para kelompok tani melalui Dinas Pertanian.

"Kita berharap bahwa dengan adanya kegiatan Bimtek ini secara khusus petani kita betul-betul mengikuti dengan baik, karena ini adalah momen yang sangat penting dalam rangka mengatasi gangguan hama penyakit tanaman kita termasuk inflasi juga. Dengan adanya produksi kita meningkat otomatis inflasi akan menurun dan itu pasti menghasilkan," pungkasnya.[yovan]

Lebih baru Lebih lama