Menuju Ekonomi Lokal yang Lebih Kuat, Pimpinan Eksekutif Balangan Dorong Pengembangan UKM

Menuju Ekonomi Lokal yang Lebih Kuat, Pimpinan Eksekutif Balangan Dorong Pengembangan UKM

KETUA DPRD Balangan, Ahsani Fauzan.| foto : istimewa


PARINGIN - Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan, terus menggalakkan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Balangan.  

Fauzan memaparkan komitmennya untuk membantu para pelaku UKM di Kabupaten Balangan agar dapat bersaing dengan lebih baik.

Fauzan menjelaskan bahwa sementara ekspansi ke pasar global penting, pelaku UKM sebaiknya fokus pada pasar lokal terlebih dahulu. 

“Menguasai pasar lokal adalah langkah awal yang sangat penting sebelum berpindah ke pasar global,” kata Fauzan, di Paringin Selatan, Senin (31/7/2023). 

Selain itu, Fauzan mendorong pelaku UKM untuk aktif berpartisipasi dalam pameran industri dan perdagangan lokal dan nasional. Sehingga hal tersebut akan membantu UKM memahami pasar dengan lebih baik dan meningkatkan daya saing produk. 

Politisi Kabupaten Balangan ini juga menekankan pentingnya kreativitas dalam meningkatkan produktivitas dan mendapatkan tempat di hati konsumen.

“Kreativitas adalah kunci untuk memikat konsumen,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan, Ribowo, menjelaskan pihaknya juga telah berupaya memberikan pelatihan, pemberdayaan, dan pengembangan IKM serta UMKM. 

"Para UKM dapat bekerja sama dengan pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan, pengembangan produk, dan kualitas sehingga produk-produk lokal dapat diterima di pasar yang lebih luas," harapnya. 

Diketahui Kabupaten Balangan saat ini memiliki 17 UMKM unggulan yang telah berhasil mengembangkan produk.[martino]

Lebih baru Lebih lama