IWO Barsel Gelar Pengenalan Jurnalistik Digital Tingkat Pelajar

IWO Barsel Gelar Pengenalan Jurnalistik Digital Tingkat Pelajar

BUNTOK - Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar kegiatan edukasi bertajuk "Pengenalan Jurnalistik Digital" untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Buntok dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Buntok ini dihadiri 40 pelajar, Jumat (22/09/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi pelajar tentang penulisan jurnalistik dan sumber berita yang diterbitkan oleh perusahaan pers.

Para pelajar yang mengikuti kegiatan ini tentunya diharapkan mampu menyerap segala informasi melalui pemberitaan di media sosial (medsos) dan agar tidak mudah terpengaruh berita hoaks yang beredar.

Tidak hanya itu saja, kegiatan tersebut juga bertujuan agar para pelajar bisa lebih bijak dalam bermedsos di era teknologi serba digital saat ini. 

Untuk mewujudkan tujuan itu, PD IWO Barsel menghadirkan narasumber dari Pengurus Wilayah (PW) IWO Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan memberikan materi penting seputar jurnalistik digital kepada para pelajar.

Ketua Dewan Penasehat PD IWO Barsel, Ir HM Farid Yusran MM mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pengenalan jurnalistik digital ini.

Menurut Ketua DPRD Barsel ini, kegiatan ini merupakan langkah signifikan dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda. 

Oleh sebab itu, Ia berharap agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka di bidang jurnalistik digital.

"Saya harapkan kegiatan serupa akan terus berlanjut di berbagai tempat lainnya, khususnya untuk generasi muda," harap pria yang juga Ketua DPC PDIP Barsel ini.

Ia mengajak para peserta untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam menyampaikan berita atau informasi di dunia maya sebagai seorang netizen. 

"Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan keandalan konten yang disajikan para pelajar itu sendiri," ucap Farid Yusran.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Penasehat PW IWO Kalteng, Raden Agus Hiramawan menekankan pentingnya peran jurnalis dan wartawan dalam menyajikan informasi akurat dan relevan di era yang terus berkembang pesat ini.

"Perkembangan dunia yang begitu cepat membutuhkan jurnalis dan wartawan yang mampu beradaptasi dengan teknologi digital. Ketua Ikatan Wartawan Online, sebagai tokoh berpengalaman dalam dunia jurnalistik digital, hadir di sini untuk memberikan wawasan berharga kepada kita semua," ujar Raden.

Menurut mantan Aktivis 98 ini, IWO adalah contoh inspiratif bagi semua orang. Sebab, kontribusinya dalam mengubah cara mengakses, mengonsumsi, dan memahami berita dan informasi di era digital saat ini.

"Dalam dunia yang penuh dengan tantangan dan perubahan cepat. Jurnalis digital memainkan peran kunci dalam memastikan informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat dipercaya," ungkapnya.

Sementara, Ketua PW IWO Kalteng, Deni Liwan menyampaikan, kehadiran pengenalan jurnalistik digital yang dilaksanakan oleh pihak PD IWO Barsel diharapkan dapat memberikan bagi para pelajar kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana jurnalis digital bekerja.  

Khususnya, lanjut dia, dalam hal menghadapi berbagai tantangan, sehingga sebagai generasi muda dapat berperan aktif dalam menyebarkan informasi yang benar serta berdampak positif bagi khalayak.

"Lantaran itu saya mengajak para peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Banyak bertanya dan berdiskusi tentang jurnalis digital serta mengambil wawasan yang berharga untuk mempersiapkan diri kita dalam menghadapi dunia informasi yang semakin kompleks. Kami berada di sini untuk menghadiri program kerja PD IWO Barsel. Apa yang kami laksanakan adalah bentuk terima kasih dan penghargaan bagi kami, di acara kegiatan ini," pungkasnya.tomi]

Lebih baru Lebih lama