Meriahkan Hari Jadi Barsel, Pj Bupati Buka Lomba Dayung Tradisional Perahu Naga

Meriahkan Hari Jadi Barsel, Pj Bupati Buka Lomba Dayung Tradisional Perahu Naga


BUNTOK – Masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-64 Kabupaten Barito Selatan (Barsel) 2023, Penjabat (Pj) Bupati Barsel, H.Deddy Winarwan membuka dengan resmi Lomba Dayung Tradisional Perahu Naga di Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan, Kamis (14/9/2023).

Dayung tradisional perahu naga merupakan olahraga yang sangat potensial dan diminati oleh masyarakat Barsel khususnya dan ada umumnya masyarakat Kalimanatan Tengah.

Deddy dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Barsel patut bersyukur dan berbangga bahwa setelah sekian tahun lamanya kembali stadion dayung Danau Sadar menjadi lokasi perlombaan dayung se-Barsel.

“Di tempat ini tepatnya tahun 2002 pernah diselenggarakan Kejuaran Nasional Dayung yang sangat mengharumkan nama Barsel di kancah nasional, bahkan Danau Sadar disebut-sebut oleh pemerhati olahraga dayung sebagai salah satu venue terbaik se-Asia Tenggara, karena kondisi aliran airnya yang memungkinkan pencatatan waktu yang maksimal dalam perlombaan,” ungkap Deddy.

Bangkitnya olahraga dayung Barsel terbukti dengan prestasi yang diperoleh pada saat Pekan Olahraga Provinsi Kalteng ke-12 tahun 2023 di Sampit beberapa waktu yang lalu dengan meraih 1 medali perak dan 3 perunggu. 

"Selamat berlomba dan mari junjung sportifitas karena keberhasilan yang hakiki jika integritas dan kejujuran menjadi yang utama dalam meraih prestasi," pungkas Deddy.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelengggara Daud Danda menjelaskan, event olahraga dayung ini akan dilakukan secara berkelanjutan, bahkan bisa diadakan di setiap tahunnya.

“Untuk perahu naga dibagi dalam beberapa kelas lomba yaitu kelas putra jarak 500 meter, kelas Putra jarak 200 meter, kelas putri jarak 500 meter dan 200 meter dengan total hadiah sebesar 72 juta rupiah,” ungkap Daud.[tomi]

Lebih baru Lebih lama