Langkah Penurunan Angka Stunting, Dinkes Barsel Gelar Ibu Hamil Sehat Tahun 2023

Langkah Penurunan Angka Stunting, Dinkes Barsel Gelar Ibu Hamil Sehat Tahun 2023


BUNTOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan kegiatan Gerakan Ibu Hamil Sehat tahun 2023. Ini dilakukan dalam upaya penurunan angka stunting. Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan memberikan edukasi dini pada ibu mengandung guna mengantisipasi angka kematian ibu.

Kepala Dinkes Barsel, drg. Daryomo Sukiastomo mengatakan, program ini telah direncanakan dan sekaligus menindaklanjuti dari pihak Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

“Tujuannya tentu untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil, edukasi saat melahirkan, menjaga kesehatan dengan baik sehingga persalinan lancar dan bayi yang di lahirkan sehat,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, angka stunting turut menjadi salah satu faktor utama yang di perhatikan Dinkes Barsel. Karena, pada tahun 2022 lalu angka stunting cukup tinggi yakni mencapai 35,6 persen.

“Namun, syukur berkat pemerintah dan seluruh element yaitu Pj Bupati mengeluarkan gerakan tim pembina pos yandu kemudian program bapak asuh, maka penurunan stunting pun teratasi," katanya.

Dengan adanya program program tersebut, kata dia, angka stunting di Barsel telah turun menjadi 19,89 persen. 

Kegiatan ibu hamil sehat sendiri berlangsung dengan talkshow, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan gizi. Kemudian edukasi melalui dokter spesialis pemberian PMT dan menyampaikan beberapa hal penting yang harus di perhatikan untuk menghindari stunting.

“Edukasi akan terus kami lakukan di kota maupun desa desa, agar para ibu terus memperhatikan hal ini. Kemudian, kami juga akan jemput bola untuk menyampaikan hal ini secara langsung,” tutupnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama