Barsel sudah Miliki Bank Sampah, Solusi Kurangi Sampah Plastik

Barsel sudah Miliki Bank Sampah, Solusi Kurangi Sampah Plastik


BUNTOK – Pj. Bupati Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah  berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus supaya memanfaatkan Bank Sampah yang sudah dibangun dan telah berjalan tersebut.

"Kita saat ini sudah memiliki Bank Sampah, dan kita mengharapkan kepada masyarakat agar memanfaatkannya dengan baik, sehingga nantinya tidak ada lagi terlihat sampah plastik berada di selokan, dan sejumlah jalan," katanya, Senin (23/10/2023).

Dikatakannya, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan akan melakukan pengadaan unit pengelolaan daur ulang sampah plastik sehingga Barito Selatan ini ke depannya akan bersih dari sampah plastik

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Barsel ini kembali mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarangan, karena bisa mencemari lingkungan, dan merusak pemandangan.

"Apabila sampah plastik dibuang secara sembarangan, maka akan bisa menyumbat selokan, dan bisa merusak ekosistem tanah serta perairan yang ada di daerah ini," katanya.

Di samping itu juga, tambah dia,  sampah plastik itu juga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Karena sampah plastik tersebut mengandung zat beracun yang dapat menggangu pertumbuhan, cacat lahir, dan kesuburan serta bisa memicu terjadinya kanker, dan penyakit lainnya bagi manusia," ucapnya.

Ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat di kabupaten Barsel, khususnya di Kota Buntok  supaya mengurangi penggunaan plastik.[tomi]

Lebih baru Lebih lama