Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata, Puji: Ada Manfaatnya

Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata, Puji: Ada Manfaatnya

SAMARINDA - Bekas tambang dijadikan destinasi wisata dinilai sesuatu yang memiliki manfaat. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati.

Ia mengatakan akan mendukung, penuh upaya perusahaan mengubah lahan bekas tambang menjadi destinasi wisata.

“Tentu saya sangat mendukung jika lahan bekas reklamasi tambang ini diubah menjadi tempat yang bermanfaat, ungkapnya beberapa waktu lalu di Gedung Sekretariat DPRD Kaltim.

Ia menjelaskan bahwa selain tempat wisata, air bekas tambang dapat dimanfaatkan sebagai air minum. Namun harus melalui pengujian, air di area tersebut terbukti aman dan berkualitas baik.

“Nantinya akan dilakukan pengujian kandungan zat besinya dulu seperti zinc, tidak terdeteksi sehingga bisa dikonsumsi. Ikan yang hidup di sana juga menunjukkan keadaan air yang sehat," tuturnya.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengatakan ada beberapa lokasi di Loa Bahu dan Sungai Kunjang sudah dimanfaatkan dengan baik.

“Kami berupaya berkomunikasi dengan para pihak terkait untuk bekerja sama dalam mendukung usulan transformasi reklamasi ini untuk memberikan bantuan dalam mengakomodir usulan ini,” tandasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama