Dinsos P3MD Balangan Permudah Pelayanan untuk Asistensi Bumdes Melalui Kai Bula Ng

Dinsos P3MD Balangan Permudah Pelayanan untuk Asistensi Bumdes Melalui Kai Bula Ng

ADMINISTRATOR dari inovasi Kai Bula Ng, Agustian Fadli Rahimi.| foto : istimewa

PARINGIN - Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kerja Sama Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3MD) Kabupaten Balangan, meluncurkan inovasi Kai Bula Ng (Klinik Asistensi dan Informasi BUMDesa Balangan) pada tahun 2021 lalu berbasis link.

Disampaikan oleh administrator dari Kai Bula Ng, Agustian Fadli Rahimi, tujuan dari inovasi ini adalah untuk mempermudah pemerintah desa dalam mendapatkan informasi tentang persyaratan untuk melakukan asistensi penyertaan modal untuk pembuatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

"Jadi inovasi ini merupakan wadah agar desa bisa tahu apa saja yang perlu disiapkan mengenai dokumen-dokumen untuk penyertaan modal," sampainya saat dijumpai di kantornya, Selasa (5/12/2023).

Ia juga menyebut selain sebagai sarana informasi, inovasi Kai Bula Ng juga menjadi tempat bagi pemerintah desa untuk melakukan pengumpulan berkas secara online.

"Sebenarnya disitu juga bisa online untuk mengupload dokumennya, selah itu kami terima dan dipelajari baru bisa di asestensi," sebutnya.

Fadili juga menyampaikan awal mula terbentuknya inovasi adalah pada saat Covid-19 masih melanda Kabupaten Balangan 2021 lalu yang mengakibatkan kegiatan bertemu langsung dibatasi dan akhirnya untuk mengantisipasi hal tersebut maka pihak Dinsos P3MD membuat inovasi tersebut.

"Kan seperti yang kita tahu, daerah kita sempat dilanda covid, jadi maka kita bikin inovasi ini sebagai sarana mempermudah pelayanan kita," katanya.

Terakhir ia berharap, agar pemerintah desa lebih bisa memanfaatkan inovasi ini guna mengurus asistensi Bumdes.[martino]
Lebih baru Lebih lama