Gerakan Pangan Murah di Kecamatan Maliku

Gerakan Pangan Murah di Kecamatan Maliku

PULANG PISAU - Upaya stabilitas pasokan dan harga pangan daerah, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pulang Pisau menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor Kecamatan Maliku, Selasa (5/12/2023).

Hadir sekaligus memberikan sambutan, Pj Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani menyampaikan harapannya dengan terlaksananya kegiatan ini mampu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, keberadaan kegiatan Gerakan Pangan Murah ini tujuannya adalah untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, stabilisasi pasokan dan harga pangan sekaligus agar angka inflasi mengalami penurunan serta terkendali dengan baik.

“Gerakan pangan murah ini dilakukan dengan memberikan subsidi ke sejumlah komoditas pangan sehingga memberikan harga yang lebih murah dan sangat terjangkau masyarakat,” katanya.

Mengingat sampai akhir Nopember 2023, harga sebagian besar bahan pokok menunjukkan kenaikan harga, terutama komoditas Gula Pasir dan Beras. Ini menunjukan tren kenaikan dan rawan terjadi tekanan inflasi.

Selain itu, Pj Bupati Pulang Pisau menyampaikan dari data yang terdeteksi di Kecamatan Maliku ada kurang lebih 6000 jiwa atau kurang lebih 1500 KK yang terdata sebagai keluarga terdeteksi miskin sehingga ini menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2024 nanti melalui dinas-dinas teknis untuk memberikan bantuan-bantuan berupa sembako, bantuan buat para nelayan, petani dan lainnya.

Tambahnya, dan di tahun 2024 nanti ada Lima Desa di Kecamatan Maliku menjadi locus stunting diantaranya Desa Garantung, Desa Purwodadi, Desa Kanamit, Desa Badirih dan Desa Tahai Jaya yang mana nantinya desa yang menjadi locus stunting akan menjadi intervensi dinas-dinas tentunya dalam hal penanganan stunting.

Artinya tidak hanya fokus menangani anak yang berisiko stunting apabila ada terdata tetapi juga untuk mencegah jangan sampai nantinya ada anak-anak yang beresiko Stunting, pencegahannya dapat melalui sosialisasi, edukasi maupun pendampingan dan juga kepada anak-anak remaja jangan sampai nikah di bawah umur 19 tahun, ungkapnya

Akhir sambutanya, Pj Bupati mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan pihak-pihak terkait lainnya atas ke ikut sertaan dalam menangani inflasi daerah

Sementara itu, dalam Laporan singkat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pulang Pisau, Halidi menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan pihak Bulog Regional Cabang Kapuas dalam gerakan pangan murah ini, masyarakat bisa membeli Empat komoditas dengan harga terjangkau yang telah tersedia diantaranya  gula pasir tersedia 2000 Kg atau 2 ton, minyak goreng tersedia 1000 Liter, tepung terigu tersedia 226 Kg, telur ayam ras tersedia sebanyak 197 rak dengan harga gula pasir dijual dengan harga Rp12.000/Kg, minyak goreng Rp10.000/liter, tepung terigu Rp 8.000/kg, telur ayam ras Rp 45.000/rak serta beras medium 5 Kg dengan harga Rp55.000 dengan jumlah kuantitas 1500 Kg. 

Pada kesempatan yang sama, Camat Maliku Efri Gusyl Pani mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Ibu Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani karena ditengah kesibukannya dapat menyempatkan datang ke Kecamatan Maliku dan bertemu langsung dengan masyarakat Maliku di acara Gerakan Pasar Murah ini juga terimakasih kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Bapak Halidi yang mana mempercayakan pelaksanaan kegiatan Gerakan Pasar Murah ini di Kecamatan Maliku.

"Semoga kegiatan Gerakan Pasar Murah ini nantinya bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya masyarakat di Wilayah Kecamatan Malik," ungkap Pani Panggilannya akrabnya

Camat juga mengimbau kepada masyarakat yang nantinya pada kegiatan ini jangan saling berebutan, tertib, antri dan insyaallah akan berjalan lancar.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau H. Ahmad Rifa'i, Asisten Setda Pulang Pisau, beberapa Kepala OPD, Camat Maliku, Danramil Maliku, Kapolsek Maliku, Kepala Desa se Kecamatan Maliku, Perwakilan Bulog Regional Cabang Kapuas dan undangan lainnya.[rilis/as'ad]

Lebih baru Lebih lama