Rakor dan Launching e-Walidata Pemkab Pulang Pisau 2023

Rakor dan Launching e-Walidata Pemkab Pulang Pisau 2023

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau (Kominfostandi) melaksanakan Rapat Koordinasi dan Launching e-Walidata Berbasis Website.

Rakor dan sekaligus launching e-Walidata dilaksanakan di ruang rapat kantor Bupati daerah setempat, Senin (5/12/2023). 

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta, Kepala Dinas Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau, serta Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau

Sekda dalam sambutannya mengatakan dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang menyebutkan bahwa fungsi data sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian, yang nantinya juga menghasilkan data sebagai bahan perencanaan pembangunan selanjutnya.

“Mencermati dari Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 dan arahan Presiden Republik Indonesia tentang Transformasi Digital dalam Satu Data Indonesia tersebut, kiranya harus dapat dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau dengan menyediakan satu data Kabupaten Pulang Pisau yang terintegrasi dengan satu data Kalimantan Tengah dan Satu Data Indonesia,” jelasnya. 

Dengan adanya hal tersebut melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau Moh. Insyafi, yang telah membuat suatu inovasi dalam proyek perubahan dalam mengikuti PKN II angkatan XXXIV tahun 2023 Provinsi Kalimantan Tengah dengan judul strategi optimalisasi kualitas data melalui penguatan peran walidata statistik sektoral di Kabupaten Pulang Pisau. 

Lebih lanjutnya Sekda menekankan agar kiranya proyek perubahan tersebut dapat terus dilaksanakan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian sebagai wali data

“Dengan membuat E-Walidata berbasis website yang terintegrasi dengan semua organisasi perangkat daerah yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga mempermudahkan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dan persandian Kabupaten Pulang Pisau untuk menghimpun data yang berada di masing-masing OPD sebagai produsen data,” jelas Kadis Kominfostandi sedikit menambahkan. 

Pelaksanaan Rapat tersebut dilanjutkan dengan Launching e-Walidata Berbasis Website Kabupaten Pulang Pisau oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta.[rilis/as'ad]
Lebih baru Lebih lama