Pimpin Rapat Koordinasi, Pj. Bupati Barsel Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Pimpin Rapat Koordinasi, Pj. Bupati Barsel Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir


BUNTOK – Penjabat (Pj.) Bupati Barito Selatan (Barsel), H. Deddy Winarwan memimpin rapat koordinasi penanggulangan bencana banjir yang tengah melanda wilayah Barsel di aula Setda Kabupaten Barsel, Senin (22/1/2024).

"Rapat ini digelar sebagai respon cepat dalam penanganan masyarakat yang terdampak banjir baik saat banjir maupun pasca banjir, kita sudah mempersiapkan sejumlah hal prioritas, seperti makanan siap saji (dapur umum), air bersih dan beberapa kebutuhan mendasar masyarakat,’’ ucapnya.

Menyikapi perkembangan selama tiga hari ini, di mana debit air sungai Barito semakin meningkat dan semakin tinggi tadi malam kami langsung melakukan rapat internal sekaligus mendengarkan laporan dari camat se-Barsel bahwa area terdampak banjir semakin meluas.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi hari ini seluruh stake holder menyepakati meningkatkan status siaga menjadi tanggap darurat selama 14 hari terhitung mulai tanggal 22 Januari sampai dengan 4 Pebruari 2024 dan diharapkan dengan peningkatan status tersebut maka bantuan sosial bisa segera didistribusikan kepada masyarakat,” ungkap Deddy.

Secara khusus kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk tetap berada di wilayahnya masing-masing untuk memantau perkembangan serta melaporkan ke kabupaten keadaan terbaru di wilayahnya masing-masing serta yang wilayahnya terdampak banjir diharapkan terus bekerja maksimal demikian juga SKPD tekknis ikut membantu penanganan baik saat banjir maupun pasca banjir.

Sementara itu Sekretaris Daerah Barsel, Eddy Purwanto menyampaikan, sudah 5 Kecamatan yang melaporkan terdampak banjir, yaitu Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Utara, Kecamatan Dusun Hilir, Kecamatan Karau Kuala dan Kecamatan Jenamas diluar kecamatan Gunung Bintang Awai. 

Lanjutnya, sampai saat ini data sementara ada kurang 25 desa yang tenggelam dan kami masih melakukan pendataan dan serta mencocokan data yang ada, semoga dalam waktu secepatnya data tersebut sudah didapatkan.

"Untuk itu usai rapat ini kami bersama Pj. Bupati akan meninjau langsung ke beberapa desa terdampak banjir," tutupnya.[tomi]

Lebih baru Lebih lama