Jadi Program Utama, PT PLN UIP3B Kalimantan Fasilitasi Pelaksanaan UKW di Kalsel

Jadi Program Utama, PT PLN UIP3B Kalimantan Fasilitasi Pelaksanaan UKW di Kalsel

MANAJER Komunikasi dan TJSL UIP3B Kalimantan, Sulistya Aji Wubawa memaparkan tentang kinerja UIP3B, termasuk program utama pendidikan di hadapan peserta UKW di gedung PWI Kalsel.| foto : anshari

BANJARMASIN - Masuk dalam program utama periode 2024, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan kembali memfasilitasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

UKW kali ini memasuki Angkatan ke-22 dan dijadwalkan dari 11 hingga 12 Juni 2024 mendatang di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI). Sebelum UKW dilangsungkan, PWI Kalimantan Selatan lebih dulu melaksanakan Pra UKW di Gedung PWI Kalsel di Kota Banjarmasin, Kamis (30/5/2024).

Di momen Pra UKW ini, pihak TJSL UIP3B Kalimantan diberi kesempatan untuk memaparkan tentang operasional plus terkait kepedulian akan pendidikan dalam hal ini mendukung sekaligus memfasilitasi dilaksanakannya UKW di Kalimantan Selatan. 

Manajer Komunikasi dan TJSL UIP3B Kalimantan, Sulistya Aji Wibowo di sela Pra UKW mengungkapkan, kegiatan UKW menjadi program utama TJSL UIP3B Kalimantan. Bahkan UKW yang difasilitasi TJSL UIP3B Kalimantan ini dilaksanakan di seluruh Kalimantan. 

"Sebenarnya kalau dari sisi kita PLN, jadi program utama kita. Dan sudah dilakukan dalam dua tahun ini," ungkap pria yang akrab disapa Sulis ini. 

Tujuannya, lanjut Sulistya, juga untuk pembangunan di bidang pendidikan. Dengan kegiatan UKW ini, PLN ingin wartawan di Kalimantan memiliki kompetensi dan profesional.

"Harapannya kawan-kawan di kalimantan khususnya Kalsel bisa miliki kompetensi. Dengan begitu, teman-teman wartawan bisa menyajikan berita yang akurat, terpercaya dan berimbang," jelasnya. 

Tak kurang 36 wartawan di Kalsel dijadwalkan mengikuti UKW pertengahan Juni 2024. Mereka bakal di uji dari tiga jenjang, mulai jenjang muda, madya serta utama. 

Sementara pada kesempatan Pra UKW ini, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie mengingatkan pentingnya persiapan secara matang bagi wartawan yang mengikuti UKW nanti. Selain mempersiapkan peralatan dan keahlian untuk mengisi soal, perilaku dan etika yang wartawan juga menjadi penilaian bagi penguji. 

"Banyak yang harus diperhatikan dan menjadi penilaian penguji, seperti harus berpakaian rapi, berperilaku baik selama mengikuti UKW, kedisiplinan waktu. Selain keahlian dalam menulis berita, para wartawan juga harus mkrama, etika, kode etik jurnalistik, Undang-Undang Ramah Anak, dan Undang-Undang Pers," pungkasnya.[anshari]

Lebih baru Lebih lama